ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RENGEL KABUPATEN TUBAN
ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 RENGEL KABUPATEN TUBAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-kesehatan-olahraga.v8i4.35894Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat kemampuan motorik kasar pada siswa yang aktif atau menjadi anggota kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di Sekolah Dasar Negeri 1 Rengel Kabupaten Tuban. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan motorik (Motor Ability Test) untuk sekolah dasar. Tes ini memiliki reabilitas sebesar 0,93 dan validitas sebesar 0,87. Terdapat 4 butir tes yang akan dilakukan, diantaranya: kecepatan, kelincahan, keseimbangan, koordinasi. Subjek dari penelitian adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di Sekolah Dasar Negeri 1 Rengel Kabupaten Tuban dengan total 26 siswa. Teknik analisis data memanfaatkan aplikasi SPSS yang disajikan dalam persentase. Hasil penelitian tingkat kemampuan motorik kasar siswa adalah sebagai berikut: 3 siswa dengan klasifikasi baik sekali (11,54%), 5 siswa dengan klasifikasi baik (19,23%), 10 siswa dengan klasifikasi sedang (38,46%), 7 siswa dengan klasifikasi kurang (26,92%), dan 1 siswa dengan klasifikasi kurang sekali (3,85%).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 204