Analisis Gerak Tangan dan Kaki Pada Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Ayunan Tangan Terbuka Pada Atlet Dunia Jeff Henderson Saat Olimpiade Men's Long Jump Di Rio De Je Niero Tahun 2016.

Analisis Gerak Tangan dan Kaki Pada Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Ayunan Tangan Terbuka Pada Atlet Dunia Jeff Henderson Saat Olimpiade Men's Long Jump Di Rio De Je Niero Tahun 2016.

  • Yohanes Genta Deswantara Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Aziz Hakim

Abstract

Dalam atletik banyak beberapa cabang perlombaan salah satunya cabang lompat jauh. Lompat jauh adalah suatu bentuk dalam gerakan melompat yang diawali dengan gerakan horisontal dan diubah kegerakan vertikal dengan jalan melakukan  tolakan pada satu kaki yang terkuat untuk memperoleh jarak yang sejauh-jauhnya. Penulis berfokus kepada lompat jauh gaya jongkok yang dilakukan oleh Atlet Dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar sudut dari gerakan tangan dan kaki yang diperoleh saat Atlet Dunia Jeff Henderson melakukan awalan (approach), tolakan atau tumpuan (take off), sikap melayang (flying), dan mendarat (landing) dalam Olimpiade Rio De Je Niero pada tahun 2016 untuk dijadikan tolak ukur atlet lain dalam memenangkan sebuah pertandingan. Kekuatan otot juga berpengaruh dalam hal ini karena seorang atlet lompat jauh perlu meningkatkan latihan power dengan latihan kecepatan dan kekuatan sehingga meningkatkan keberhasilan dalam memperoleh raihan akhir lompat jauh. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrument video Men’s Long Jump Rio De Je Niero tahun 2016 didapat dari youtube dan untuk pengukuran sudut dibantu dengan software Kinovea . Teknik pengambilan data diperoleh dari mengamati video tersebut lalu diterapkan kedalam teori Gerak yang ditulis oleh Giri Wiarto.

Published
2020-09-16
Section
Jurnal Kesehatan Olahraga
Abstract Views: 910
PDF Downloads: 3833