Analisis Persepsi Pelatih Sekolah Sepakbola di Kabupaten Tulungagung pada Pendidikan Karakter dalam Olahraga Bagi Usia Dini

Indonesia

  • Fahmi Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Purbo djati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang berfokus untuk mengetahui pandangan dan juga pemahaman masing – masing pelatih sekolah sepakbola di Kabupaten Tulungagung pada pendidikan karakter, pemahaman nilai – nilai pada pendidikan karakter dan implementasi pendidikan karakter dalam metode pelatihan sepakbola bagi usia dini. Populasi dalam penelitian ini adalah pelatih sekolah sepakbola (SSB) yang telah mengikuti Kompetisi Internal Asosiasi PSSI Kabupaten Tulungagung U-13 pada tanggal 19 – 27 Oktober 2019 sebanyak 19 Sekolah Sepakbola (SSB). Sampel pada penelitian ini berjumlah 19 pelatih, Instrumen yang digunakan adalah angket. Dari hasil penelitian ini peneliti dapat menjelaskan bahwa persepsi pelatih sekolah sepakbola di Kabupaten Tulungagung pada pendidikan karakter dalam olahraga yang memiliki nilai dengan rata – rata sebesar 181,5 berada pada kategori sedang (S) dimana untuk nilai presentase sebesar 31,6%, dengan rincian kategori baik sekali (BS) bernilai 5,3%, baik (B) bernilai 31,6%, sedang (S) bernilai 31,6%, kurang (K) bernilai 26,3% dan kurang sekali (KS) bernilai 5,3%. Untuk 3 subtansi faktor pemahaman lainnya dapat disimpulkan sebagai berikut, pada faktor pendidikan karakter berada pada klasifikasi kurang (K) dimana memiliki nilai presentase frekuensi terbanyak sebesar 36,8%, pada faktor nilai – nilai pendidikan karakter berada pada klasifikasi baik (B) dimana memiliki nilai presentase frekuensi terbanyak sebesar 31,6% dan pada faktor implementasi pendidikan karakter berada pada klasifikasi baik (B) dimana memiliki nilai presentase frekuensi terbanyak sebesar 31,6%.

Kata Kunci : Persepsi, Pelatih, Pendidikan Karakter, Sepakbola.

Published
2020-09-22
Section
Jurnal Kesehatan Olahraga
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 209