ANALISIS PERBEDAAN KETEPATAN SERVE RECEIVE DALAM BERMAIN BOLAVOLI PADA TIM PUTRI NASIONAL DAN INTERNASIONAL

  • Indila Azhary Universitas Negeri Surabaya
  • Soni Sulistyarto, M.Kes Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dalam permainan bolavoli, teknik dasar merupakan hal yang sangat wajib dipelajari terlebih dahulu untuk mengembangkan mutu prestasi. Pentingnya menerima servis dengan tepat adalah titik awal dari usaha tim untuk memperoleh perpindahan bola sebagai modal awal untuk melakukan serangan yang baik. Keberhasilan serve receive mempengaruhi taktik penyerangan, serta mempermudah pengumpan (setter) mengoper bola menjadi serangan. Menurut Federation International Volley Ball (FIVB) pada tahun 2019, tim putri Indonesia berada ditingkat 117 sedangkan posisi pertama ditempati China. Atas dasar tersebut, penulis ingin membandingkan perbedaan tingkat keberhasilan dalam bermain bolavoli khususnya pada keterampilan ketepatan serve receive pada pertandingan tim nasional dan internasional. Adapun tujuan yang dimaksud penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ketepatan serve receive dalam bermain bolavoli antara tim putri nasional dan internasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan video pertandingan. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus persentase dan efektivitas dengan cara menghitung tingkat ketepatan serve receive pada tim putri nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim putri nasional (Indonesia) dalam melakukan serve receive bola voli tidak lebih baik dari tim putri internasional (China), hal ini dibuktikan pada hasil penelitian diatas dimana tim putri nasional (Indonesia) memiliki persentase keberhasilan 60% sedangkan tim putri internasional (China) memiliki persentase keberhasilan mencapai 82%. Dalam hal ini terdapat selisih persentase keberhasilan 22%.

Published
2020-10-19
Section
Jurnal Kesehatan Olahraga
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 382 PDF Downloads: 0