ANALISIS GERAK MOTORIK ANAK USIA 9-11 TAHUN MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA SD NEGERI 34 GRESIK

  • mohammad fazabih kurniansyah Universitas negeri surabaya
  • Noortje Anita Kumaat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Menurut Keen Achroni yang mengevaluasi pengaruh strategi pengajaran pada hasil yang diperoleh dalam evaluasi fisik terkait keterampilan kebugaran dan keterampilan motorik  pada siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 30 siswa (22 anak laki-laki dan 8 perempuan) berusia 8-9 tahun dievaluasi pada tes khusus terkait kebugaran fisik dan keterampilan motorik 2 kali dalam 1 tahun akademis selama percobaan. Setelah menerapkan strategi pengajaran yang dipilih, tercatat hasil akhir yang menunjukkan pada kita bahwa kemajuan tersebut signifikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi gerak motorik melalui permainan lompat tali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental. Subjek penelitian anak usia 9-11 tahun SD Negeri 34 GRESIK tersebut yang berjumlah 6 orang. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah sebagai berikut : berjenis kelamin laki-laki, kelamin perempuan dan memiliki rentang usia 9-11 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu random sampling dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah lompat tali dan peluit. Untuk mengetahui pengaruh yang terjadi setelah melakukan gerakan bermain lompat tali menggunakan uji paired independent t test. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh bermain lompat tali terhadap gerak motorik pada anak SD Negeri 34 GRESIK.                                                                         

Kata Kunci : Gerak Motorik, Lompat Tali

Abstract

According to Keen Achroni who evaluated the effect of teaching strategies on the results obtained in physical evaluations related to fitness skills and motor skills in elementary school students. The results showed that of 30 students (22 boys and 8 girls) aged 8-9 years were evaluated on special tests related to physical fitness and motor skills 2 times in 1 academic year during the experiment. After implementing the chosen teaching strategy, the final results were recorded which showed us that the progress was significant. So the purpose of this study is to identify motor movements through jumping rope games. This type of research is descriptive quantitative research using experimental methods. The research subjects were children aged 9-11 years at SD Negeri 34 GRESIK, totaling 6 people. The characteristics of the subjects in this study were as follows: male, female and had an age range of 9-11 years. The sampling technique in this study is random sampling using One-Group Pretest-Posttest Design. The research instrument used was a jump rope and a whistle. To determine the effect that occurs after performing the jump rope movement using the paired independent t test. Based on the results of this study, it shows that there is an effect of playing jumping rope on motoric movements in children at SD Negeri 34 GRESIK.

Keywords: Motor Movement, Jump Rope

 

 

Abstrak

Menurut Keen Achroni yang mengevaluasi pengaruh strategi pengajaran pada hasil yang diperoleh dalam evaluasi fisik terkait keterampilan kebugaran dan keterampilan motorik  pada siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 30 siswa (22 anak laki-laki dan 8 perempuan) berusia 8-9 tahun dievaluasi pada tes khusus terkait kebugaran fisik dan keterampilan motorik 2 kali dalam 1 tahun akademis selama percobaan. Setelah menerapkan strategi pengajaran yang dipilih, tercatat hasil akhir yang menunjukkan pada kita bahwa kemajuan tersebut signifikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi gerak motorik melalui permainan lompat tali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental. Subjek penelitian anak usia 9-11 tahun SD Negeri 34 GRESIK tersebut yang berjumlah 6 orang. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah sebagai berikut : berjenis kelamin laki-laki, kelamin perempuan dan memiliki rentang usia 9-11 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu random sampling dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah lompat tali dan peluit. Untuk mengetahui pengaruh yang terjadi setelah melakukan gerakan bermain lompat tali menggunakan uji paired independent t test. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh bermain lompat tali terhadap gerak motorik pada anak SD Negeri 34 GRESIK.                                                                         

Kata Kunci : Gerak Motorik, Lompat Tali

Abstract

According to Keen Achroni who evaluated the effect of teaching strategies on the results obtained in physical evaluations related to fitness skills and motor skills in elementary school students. The results showed that of 30 students (22 boys and 8 girls) aged 8-9 years were evaluated on special tests related to physical fitness and motor skills 2 times in 1 academic year during the experiment. After implementing the chosen teaching strategy, the final results were recorded which showed us that the progress was significant. So the purpose of this study is to identify motor movements through jumping rope games. This type of research is descriptive quantitative research using experimental methods. The research subjects were children aged 9-11 years at SD Negeri 34 GRESIK, totaling 6 people. The characteristics of the subjects in this study were as follows: male, female and had an age range of 9-11 years. The sampling technique in this study is random sampling using One-Group Pretest-Posttest Design. The research instrument used was a jump rope and a whistle. To determine the effect that occurs after performing the jump rope movement using the paired independent t test. Based on the results of this study, it shows that there is an effect of playing jumping rope on motoric movements in children at SD Negeri 34 GRESIK.

Keywords: Motor Movement, Jump Rope

 

 

 

Published
2021-07-03
Abstract Views: 397
PDF Downloads: 1037