PENGARUH PERMAINAN OUTBOUND TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES SISWA USIA 13-15 TAHUN

  • Nararia Kirana Bhakti Universitas Negeri Surabaya
  • Ratna Candra Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Stres akademik adalah suatu kondisi seorang siswa yang merasa tertekan dari luar diri yang muncul akibat dari tuntutan menjadi lebih unggul dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat stres siswa sebelum dan sesudah outbound pada siswa usia 13-15 tahun. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis rancangan penelitian quasi eksperimen. Jenis permainan yang digunakan adalah bakiak, estafet bola, blind walk, dan people to people. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretsest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 166 siswa Sekolah Menengah Pertama dengan usia 13-15 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan adalah statistic non parametric dengan metode pengerjaan yang menggunakan SPSS 26 for windows sebagai alat perhitunganannya, yaitu analisa deskriptif, uji prasyarat, dan uji Wilcoxon dengan signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh permainan outbound terhadap penurunan tingkat stres siswa dan didapatkan nilai p = 0.001 (p < 0.05) dengan hasil rata-rata pre-test tingkat stres siswa (50.00) dan post-test tingkat stres siswa (47.66). Kesimpulan dari penelitian ini ialah dengan diberikannya perlakuan yaitu permainan fun game pada outbound maka dapat menurunkan tingkat stres siswa usia 13-15 tahun.

Kata Kunci: stres, stres akademik, outbound

 

Abstract

Academic stres is a condition of a student who feels pressured from outside himself that arises as a result of the demands of being superior to others. The purpose of this study was to determine the difference in student stres levels before and after outbound in students aged 13-15 years. The method used in this study is quantitative research that uses a type of quasi-experimental research design. The types of games used are clogs, ball relay, blind walk, and people to people. This study used One Group Pretsest Posttest Design. The sampling technique used in this study was Purposive Sampling using a sample of 166 junior high school students aged 13-15 years. Data collection using questionnaires with Likert scale. Data analysis techniques using non-parametric statistics with a working method that uses SPSS 26 for windows as a calculation tool, namely descriptive analysis, prerequisite tests, and Wilcoxon tests with a significant α = 0.05. The results showed that there was an influence of outbound games on reducing student stres levels and obtained p = 0.001 (p < 0.05) with the average results of pre-test student stres levels (50.00) and post-test student stres levels (47.66). The conclusion of this study is that by giving treatment, namely fun games on outbound, it can reduce the stres level of students aged 13-15 years

Keywords: stress, academic stress, outbound

Published
2023-12-12
Section
Jurnal Kesehatan Olahraga
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 33