KORELASI KEBUGARAN JASMANI TERHADAP NILAI RAPOR SISWA MAN 2 KOTA KEDIRI
Abstract
Siswa dengan kebugaran baik memiliki konsentrasi, daya ingat, dan berpikir kritis lebih baik. Aktivitas fisik teratur meningkatkan aliran darah ke otak, mendukung pembelajaran, dan prestasi akademik. Penelitian tentang kebugaran jasmani dan hasil belajar di MAN masih terbatas. Karakteristik unik siswa MAN, seperti kurikulum agama dan aktivitas fisik, membutuhkan penelitian fokus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara prestasi akademik siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Kediri, yang merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia menurut Kementerian Agama dan peringkat ke-6 di seluruh negeri. Metode korelasional digunakan untuk menyelidiki hubungan antara hasil belajar siswa (variabel terikat) dan tingkat kebugaran jasmani (variabel bebas). Sampel terdiri dari 70 siswa kelas X dan XI yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kebugaran jasmani menggunakan beep test untuk mengukur VO2 max dan nilai rata-rata rapor tengah semester. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dan SPSS 25. Hasil menunjukkan hubungan signifikan dengan koefisien korelasi 0.527 (kategori sedang), yang berarti siswa dengan kebugaran jasmani baik cenderung memiliki prestasi akademik lebih tinggi. Penelitian ini juga menemukan bahwa 40% siswa berada dalam kategori kebugaran jasmani sedang, 30% baik, dan 30% kurang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

