HUBUNGAN STATUS GIZIDANAKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR (StudipadaSiswaKelas IV dan V MI Al HikmahGempolmanis)

  • IRHAS AZIZIN

Abstract

HUBUNGAN STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR

(Studi pada Siswa Kelas IV dan V MI Al Hikmah Gempolmanis)

Irhas Azizin,Anna Noordia

S-1 Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

irhas.art@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Status gizi merupakan gambaran dari asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh seseorang, sedangkan aktivitas  fisik berhubungan dengan penggunaan nutrisi sebagai sumber energi yang diperoleh dari asupan makanan. Faktor status gizi dan aktivitas fisik sangat berperan penting dalam pencapaian kebugaran jasmani yang baik bagi seseorang, khususnya bagi anak usia sekolah yaitu usia 6-12 tahun. Pencapaian tingkat kebugaran jasmani yang baik akan berpengaruh terhadap kesehatan seorang anak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan aktivitas fisik dengan tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar kelas IV dan V MI Al Hikmah Gempolmanis. Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi korelasional. Yaitu untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan apabila ada, seberapa erat hubungannya, serta berarti atau tidak hubungan itu.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa antara status gizi dan aktivitas fisik dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas IV dan V MI Al Hikmah Gempolmanis diperoleh koefesien korelasi sebesar 0,497. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 7,87 dan Ftabel sebesar 3,40 dengan taraf signifikan 5%, dengan demikian Fh> Ft, maka dapat disimpulkan  bahwa status gizi dan aktivitas fisik secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar kelas IV dan V MI Al Hikmah Gempolmanis.

Kata Kunci : Siswa kelas IV dan V MI Al Hikmah Gempolmanis, Status Gizi, Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani

 

ABSTRACT 

 

Nutritional status is a picture of the intake of nutrients consumed by a person , while the physical activity associated with the use of nutrition as a source of energy obtained from food intake . Factors nutritional status and physical activity play an important role in the achievement of physical fitness is good for a person , especially for school-age children are aged 6-12 years . The achievement of a good level of physical fitness will affect the health of a child .

The purpose of this study was to determine the relationship between nutritional status and physical activity level of physical fitness of elementary school students IV and V class MI Al Hikmah Gempolmanis . This research includes studies that use quantitative approach to the correlational approach . That is to find the relationship and if there is , how closely related , and the relationship means or not .

The survey results revealed that between nutritional status and physical activity level of physical fitness with grade IV and V MI Al Hikmah Gempolmanis obtained correlation coefficient of 0.497 . Based on the calculations of F and F table at 7,87 at 3.40 with significance level of 5% , thus Fh > Ft , it can be concluded that the nutritional status and physical activity together have a significant relationship with the level of physical fitness grade elementary school students IV and V MI Al Hikmah Gempolmanis .

 

Keywords : Grade IV and V MI Al Hikmah Gempolmanis , Nutritional Status , Physical Activity , Physical Fitness

Published
2014-05-26
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 319