PERBANDINGAN LATIHAN KELINCAHAN DENGAN MENGGUNAKAN BOLA DAN TANPA BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA (Pada Pemain SSB Wadhi Putra Usia 15 Tahun Dsn. Bangilan Ds. Wonodadi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto)

  • MUHAMMAD MUKHORROBIN

Abstract

PERBANDINGAN LATIHAN KELINCAHAN DENGAN MENGGUNAKAN BOLA DAN TANPA BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA (Pada Pemain SSB Wadhi Putra Usia 15 Tahun Dsn. Bangilan Ds. Wonodadi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto)

MUHAMMAD MUKHORROBIN, M. Nur Bawono

 (Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya)  

ABSTRAK

Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari dimasyarakat maupun dunia. Dalam permainan sepak bola juga membutuhkan kondisi fisik juga untuk melakukannya. Salah satu dari kondisi fisik tersebut adalah kelincahan, agar dapat melakukan kelincahan dengan baik, maka diperlukan latihan yang rutin. Kelincahan akan meningkat dengan adanya latihan secara continue dengan program latihan sebagai pedoman, adapun program latihan yang digunakan peneliti adalah latihan dengan menggunakan bola dan tanpa bola.

Perumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah latihan kelincahan mana yang lebih efektif antara latihan dengan menggunakan bola dan tanpa bola. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan latihan kelincahan dengan menggunakan bola dan tanpa bola. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemain SSB Wadhi Purta usia 15 tahun yang berjumlah 19 anak, karena populasi kurang dari 100 maka sampel penelitian diambil semua. Jumlahnya 19 pemain.

Bedasarkan hasil penelitian ini diketahui hasil dari pemain yang menggunakan latihan dengan bola rata-rata hasil test awal (pre-test) adalah 5,17 detik. Sedangkan rata-rata hasil test akhir (post-test) dengan bola adalah 5,21 detik. Untuk rata-rata hasil test awal (pre-test) pemain yang menggunakan latihan tanpa bola adalah 3,59 detik. Sedangkan untuk rata-rata hasiil test akhir (post-test) tanpa bola adalah 3,78 detik. Jadi perbedaan dalam hasil test akhir (post-test) adalah sebesar 1,43 detik.Peningkatan latihan kelincahan untuk latihan dengan menggunakan bola yaitu sebesar 0,9%. Sedangkan peningkatan latihan kelincahan untuk latihan tanpa bola yaitu sebesar 5,2%. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi, p = 0,001. Karena p = 0,001 > α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan peningkatan antara latihan kelincahan dengan menggunkan bola dan tanpa bola.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah program latihan dengan tanpa bola memiliki pengaruh yang sangat signifikansi terhadap peningkatan latihan kelincahan dalam permainan sepak bola pada pemain SSB Wadhi Putra Kutorejo-Mojokerto.

Kata kunci: latihan dengan bola, latihan  tanpa bola, kelincahan

ABSTRACT 

Foot ball is very popular sport in the community although word. In this game also to need condition physical also for to do. One of the from condition physical movement is liveliness, in order to make a good liveliness movement, it is important to do training regularly. Liveliness will be increased with the continous training with the training program as a gudeline. There are two training programs which are used by the researcher : with ball and unball training.

The formulation of the problem presented in this study is liveliness training which is more effective between with ball training and unball training. This research was condue with the aim to find differences between with ball training adn unball training. The population in this study is participants in players SSB Wadhi Putra Under 15, all participants were taken as the sample because the population was less than 100. The number 19 palyers.

Based on the results note in this research was, the results of with ball training average initial test results (pre-test) with ball of players is 5,17. While the average final test (post-test) players with ball is 5,21. The average initial test results (pre-test) unball of players is 3,59. While the average final test results (post-test) unball of players was 3,78. So different of final results (post-test) is 1,43. The improvement of foot ball liveliness training for with ball training is 0,9%. While the improvement of foot ball liveliness training for unball training is 5,2%. The results of test of hypotheses on the level of significance, p = 0,001. Because p = 0,001 > α = 0,05, so Ho rejected and Ha accepted. So it can be concluded that there is a difference between liveliness training with the ball and unball.

The conclusion of this research is with unball training program has a very significance effect of increasing liveliness training of the foot ball to playes SSB Wadhi Putra Kutorejo-Mojokerto.

Keywords: with ball training, unball training, liveliness

 

Published
2014-06-09
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 40