PENGEMBANGAN GAME EDUKASI VORILY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

  • ANNISA FITRI WULAN SARI
  • SUJARWANTO

Abstract

Salah satu kelemahan yang dimiliki siswa tunagrahita yaitu kurang mampu dalam menangkap informasi yang dipengaruhi oleh rendahnya penguasaan kosakata sehingga mengakibatkan perkembangan bahasa siswa menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi berbasis android untuk membantu dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa tunagrahita ringan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Pelaksanaan pengembangan dilakukan beberapa tahap diantaranya: Pengumpulan data dan desain produk, validasi ahli materi dan ahli media, revisi produk dan uji coba produk kepada siswa dengan diberikan pre-test post-test. Subjek dalam penelitian berjumlah 6 siswa tunagrahita ringan kelas X SMA di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo. Data dianalisis menggunakan rumus indeks presentase (%) dan N-gain score.

Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa game edukasi Vorily sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa tunagrahita ringan kelas X SMA dengan hasil validasi materi 100% dan hasil validasi media 90% yang masuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, hasil uji coba produk terhadap siswa menunjukkan bahwa media game edukasi Vorily memiliki nilai efektivitas kategori rata – rata dengan hasil perolehan 0,57.

Published
2020-04-23
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 153