PEMANFAATAN APLIKASI SECIL BELAJAR HEWAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HEWAN VERTEBRATA BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

  • Reffi Putri Insani Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Mahmudah Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Aplikasi SECIL Belajar Hewan merupakan aplikasi yang dimanfaatkan untuk belajar IPA materi hewan pada siswa tungrahita. SECIL Belajar Hewan  dilengkapi fitur yaitu materi secara bentuk lisan maupun fisik dan soal berupa permainan edukatif yang memudahkan dan menarik siswa dalam belajar. Manfaat belajar IPA  bagi siswa tunagrahita adalah mengenal dan memahami lingkungan sekitar serta melatih untuk berfikir secara logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya peningkatan hasil belajar IPA hewan vertebrata dengan pemanfaatan aplikasi SECIL Belajar Hewan bagi siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental, dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa tunagrahita kelas VII SMPLB Santi Mulia Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes serta teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan Zh = 2,52 (nilai (-) tidak diperhitungkan karena absolute price) lebih besar dari nilai Z tabel dengan nilai krisis 5% (untuk pengujian dua sisi) = 1,96. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA hewan vertebrata dengan pemanfaatan aplikasi SECIL Belajar Hewan bagi siswa tunagrahita ringan.

 

Kata Kunci: SECIL Belajar Hewan, hewan vertebrata, tunagrahita

Author Biographies

Reffi Putri Insani, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Siti Mahmudah, Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-07-07
Abstract Views: 63