MANAJEMEN PROGRAM VOKASIONAL SKILL BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS (STUDI KASUS DI SMALB NEGERI GEDANGAN SIDOARJO)
Abstract
Manajemen vokasional skill bermanfaat untuk meningkatkan pengelolaan keterampilan anak sebagai bekal bekerja. Program vokasional meningkatkan kemandirian dan keterampilan kerja bagi peserta didik disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program vokasional skill di SMALB Negeri Gedangan Sidoarjo. Pendekatan penelitian kualitatif jenis studi deskriptif dengan desain studi kasus, sumber data dari data premier dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru bidang kurikulum dan guru vokasional, data sekunder dari observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis alir Milles dan Huberman meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data dengan kredibilitas. Hasil Penelitian menunjukkan; 1)perencanaan rapat bersama kepala sekolah, komite sekolah, stakeholder dan guru;2)pelaksanaan meliputi pemberian materi dari guru pendamping serta guru instruktur ahli sebagai penguat materi kompetensi dunia kerja;3)evaluasi melalui praktik dan bazar kewirausahaan;4)faktor pendukung dari kelengkapan fasilitas sekolah dan dukungan orang tua, Faktor penghambat dari kondisi siswa yang tantrum saat pembelajaran dan kurangnya kreatifitas siswa;5)tindak lanjut melalui rekomendasi pekerjaan, dukungan dan bimbingan bagi yang berwirausaha dan kelas pasca sekolah bagi yang membutuhkan penguataan vokasional skill atau kompesantoris. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatkan keberhasilan lulusan disabilitas siap bekerja, meningkatkan kemandirian dan taraf hidup individu disabilitas, serta meningkatkan kualitas manajemen program vokasional skill di sekolah luar biasa.
Kata Kunci : manajemen, vokasional, disabilitas