PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DENGAN METODE ‘PARTISIPATIVE LEARNING’ DI MULTIPLE INTELEGENCE SCHOOL MUSIC TALENTS ACADEMY SURABAYA

  • IAN TAUFAN

Abstract

Gitar klasik adalah alat musik petik berdawai yang banyak digemari dan dipelajari oleh
segala tingkatan usia, karena memiliki suara yang sangat akustik dan selalu dapat dinikmati di
setiap masa. Dalam proses pembelajaran gitar klasik diperlukan metode yang tepat, Agar dapat
menentukan hasil yang akan dicapai, di lembaga pendidikan Multiple Intelegence School
Music Talents Academy adalah lembaga pendidikan musik non formal yang
menyelenggarakan pembelajaran gitar klasik dengan menggunakan model ‘Partisipative
learning’ hal ini dimaksudkan sebagai upaya agar siswa memiliki keberanian untuk
berkreativitas, metode belajar siswa aktif, juga di dalam peran aktif guru dalam metode
Ceramah, metode demonstrasi, dan metode tugas. Berdasarkan fenomena tersebut ditentukan
rumusan masalah sebaga berikut : bagaimanakah latar belakang, pelaksanaan pembelajaran,
dan penerapan metode partisipative learning beserta kendala yang dialami di dalam proses
pembelajaran gitar klasik di Multiple Intelegence School Music Talents Academy.
Pembelajaran gitar klasik dengan metode ‘Partisipative learning’  dapat memotivasi
siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu kreativitas siswa dapat
dimunculkan melalui materi pendukung yaitu aransemen dan komposisi, Pelaksanaan
pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang optimal apabila dibagi
melalui spesifikasi umur. Hal ini dimaksudkan supaya tidak terjadi kesenjangan dalam
kemampuanm penerimaan materi maupun hasil belajar.  Perbendaharaan repertoar gitar klasik
pada tahapan kenaikan grade perlu ditambah agar lebih banyak pilihan.

Kata kunci : metode partisipasi, gitar klasik, pendidikan musik non formal

Published
2015-01-02
How to Cite
TAUFAN, I. (2015). PEMBELAJARAN GITAR KLASIK DENGAN METODE ‘PARTISIPATIVE LEARNING’ DI MULTIPLE INTELEGENCE SCHOOL MUSIC TALENTS ACADEMY SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(2). https://doi.org/10.26740/jps.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 193