PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI REMO BOLET MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG KABUPATEN MOJOKERTO

  • IKE RESTUTI KUSUMA N.

Abstract

Seiring perkembangan jaman, memungkinkan kesenian tradisional akan mengalami
kepunahan dengan adanya kesenian modern yang masuk pada ruang lingkup kesenian
tradisional. Salah satu upaya yang tepat untuk melestarikan dan pengembangan kesenian
dengan cara memasukkan kesenian dalam dunia pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran tentu
saja menggunakan pendekatan yang berbeda-beda. Seperti halnya yang dilakukan pada
pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 1 Dawarblandong yang menggunakan
metode tutor sebaya dalam penyampaian materi pebelajaran.
Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran
ekstrakurikuler tari Remo Bolet, (2) pelaksanaan metode tutor sebaya pada pembelajaran
ekstrakurikuler tari Remo Bolet dan (3) Hasil belajar setelah menerima materi tari Remo Bolet
melalui metode tutor sebaya. Pembelajaran ekstrakurikuler tersebut menggunakan tari Remo
Bolet sebagai materi pembelajaran.
Sebagai strategi untuk menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi:
(1) metode observasi, (2) metode wawancara dan (3) metode dokumentasi. Instrumen
penelitian menggunakan instrumen angket dan instrumen lembar observasi. Analisis data yang
digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan, sedangkan
validitas data menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber
dan triangulasi teknik.
Berdasarkan permasalahan penelitian, maka dapat dideskripsikan hasil penelitian
bahwa pembelajaran ekstrakurikuler tari Remo Bolet di SMP Negeri 1 Dawarblandong
menggunakan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa, dengan cara
dibentuk menjadi beberapa kelompok. Berdasarkan penelitian, siswa yang mengikuti
pembelajaran ekstrakurikuler tari Remo Bolet melalui metode tutor sebaya, siswa lebih
senang, nyaman dan antusias dalam pembelajaran. Hasil ini ditunjukkan pula dengan adanya
hasil pembelajaran ekstrakurikuler tari Remo Bolet melalui metode tutor sebaya. Dari 30 siswa
yang mengikuti kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari Remo Bolet, 27 siswa berhasil
mendapatkan nilai diatas rata-rata (tuntas) dan 3 siswa mendapat nilai dibawah rata-rata
(belum tuntas), sehingga prosentase ketuntasan siswa adalah 90% dan berada pada tingkatan
baik sekali atau optimal.

Kata Kunci: pembelajaran, ekstrakurikuler, tari remo bolet, metode tutor sebaya

Published
2015-01-02
How to Cite
RESTUTI KUSUMA N., I. (2015). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI REMO BOLET MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DAWARBLANDONG KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(2). https://doi.org/10.26740/jps.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 332