PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR

  • ANDRA LESTARI

Abstract

Karawitan merupakan kesenian tradisional yang mulai redup dan jarang peminatnya.
Untuk melestarikan kesenian karawitan beberapa sekolah mengadakan ekstrakurikuler
karawitan. Ekstrakurikuler merupakan wadah yang  sangat potensial untuk menciptakan siswa
menjadi kreatif, inovatif, terampil, dan berprestasi, selain itu karawitan juga sebagai media
yang tepat untuk anak dalam melatih disiplin, tanggung jawab, kreatif, dan menumbuhkan rasa
cinta budaya tradisional. Pembelajaran ekstrakurikuler karawitan di SMPN 1 Srengat sangat
menarik untuk diteliti, karena telah berhasil mengundang minat siswa dan  mendapatkan
prestasi-prestasi yang membanggakan. Selain itu ekstrakurikuler karawitan dapat
meningkatkan rasa kebersamaan antara siswa  satu dengan yang lain.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang SMPN 1 Srengat
mengadakan ekstrakurikuler karawitan, (2) Mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler
karawitan di SMPN 1 Srengat Blitar, (3) Mengetahui minat siswa pada ekstrakurikuler
karawitan di SMPN 1 Srengat Blitar, (4) Mengetahui hasil ekstrakurikuler karawitan di SMPN
1 Srengat Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di SMPN 1 Srengat
yang terletak di jalan Teratai no 1 Srengat Blitar. Pada penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Model pembelajaran yang
diguanakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran langsung.  
Hasil dan pembahasan, SMPN 1 Srengat menyelenggarakan ekstrakurikuler karawitan
untuk  mewujudkan tujuan pendidikan yaitu mewujudkan manusia seutuhnya, dalam
mewujudkan tujuan itu diperlukan keseimbangan antara pelajaran akademik dan non
akademik selain itu ekstrakurikuler karawitan sangat diperlukan untuk melatih anak agar
mempunyai sikap kebersamaan dalam bermain instrumen gamelan, mempunyai rasa cinta
terhadap budaya tradisional, tanggung jawab terhadap instrumen gamelan yang dimainkannya,
disiplin dalam berlatih, melatih potensi dan kreatifitas anak dalam memainkan instrumen
gamelan dan percaya diri pada saat tampil dalam pementasan sekolah. Pemerintah Kabupaten
Blitar sering menyelenggarakan lomba dan festival karawitan dan tari, hal ini juga menjadi
salah satu latar belakang SMPN 1 Srengat menyelenggarakan ekstrakurikuler karawitan.
Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler di SMPN 1 srengat dikelompokkan menjadi tiga
kelompok, yaitu kelompok A adalah kelompok tahap awal, kelompok B adalah kelompok
tahap tengah, dan kelompok C adalah kelompok tahap akhir. Ekstrakurikuler karawitan
mendapatkan antusias dan minat yang tinggi dari siswa-siswinya. Hasil pembelajaran
ekstrakurikuler karawitan di SMPN 1 Srengat adalah siswa mampu menjalankan seluruh
pembelajaran dengan tepat dan efisien, siswa memiliki nilai dan disiplin sikap yang baik.
 
Kata Kunci:  Ekstrakurikuler karawitan, minat, prestasi ekstrakurukuler

Published
2015-01-02
How to Cite
LESTARI, A. (2015). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(2). https://doi.org/10.26740/jps.v2n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 479