PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEDUNGGALAR NGAWI

  • ACHMADHAN KATON HARYANGGITA

Abstract

Pembelajaran ekstrakurikuler merupakan kegiatan belajar diluar jam
sekolah yang sangat potensial sebagai wadah penyaluran bakat siswa guna
mendidik agar siswa mampu memiliki sikap disiplin, kreatif, inovatif, dan
tanggung jawab. Drum band adalah salah satu ekstrakurikuler  siswa yang dapat
menyalurkan minat dan bakat bermusik. Pembelajaran ekstrakurikuler drum band
di MTsN Kedunggalar menjadi pembahasan pada penelitian ini dikarenakan
pencapaian prestasi yang diraih oleh drum band Gema Matsangga MTsN
Kedunggalar Ngawi dalam berbagai kejuaraan tingkat Kabupaten maupun
provinsi. Tujuan penelitian ini adalah : mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran
ekstrakurikuler drum band. Mendiskripsikan program kegiatan ekstrakurikuler
drum band dan mendiskripsikan hasil pembelajaran ekstrakurikuler drum band di
MTsN Kedunggalar Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,
yang beralokasi di MTsN Kedunggalar Ngawi beralamatkan di jalan raya
kedunggalar no 20. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang
digunakan adalah model pembelajaran langsung dengan metode pembelajaran
demonstrasi, drill, ceramah dan metode latihan. Media pembelajaran yang
digunakan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa yaitu berupa software
Finale, dimana siswa dapat membaca dan mendengarkan secara langsung bunyi
notasi lagu yang akan di jadikan sebagai materi latihan drum band. Hal tersebut
memudahkan siswa dalam memahami partitur dan sekaligus sebagai register bunya
notasi yang akan diterapkan pada instrumen drum band. Evaluasi pembelajaran
dilakukan secara bersama-sama setelah siswa melakukan latihan tahap akhir atau
setelah melakukan unjuk gelar yang direkam menggunakan handycam dan akan
ditayangkan menggunakan LCD untuk dievaluasi bersama.  Hasil pembelajaran
ekstrakurikuler drum band di MTsN Kedunggalar Ngawi diwujudkan dalam
bentuk penilaian skor. Penilaian sangat penting dalam suatu proses pembelajaran
karena dengan penilaian guru dapat mengetahui ketercapaian kinerja siswa.
Penilaian juga menjadi laporan pertanggungjawaban guru kepada pihak madrasah
yang tercantum dalam bentuk nilai rapor.

 Kata kunci: pembelajaran, ekstrakurikuler, drum band, hasil belajar


Extracurricular learning is learning activities outside school hours so as
to facilitate the channeling of potential talent in order to educate students so that
students are able to have discipline, creative, innovative, and responsibility. Drum
band is one of the extracurricular students who can channel the interest and talent
in music. Extracurricular learning drum band in MTsN Kedunggalar into the
discussion on this research because achievement results by Gema Matsangga
MTsN drum band in various championships Kedunggalar Ngawi district and
provincial levels. The purpose of this research is to describe the implementation
of extracurricular learning drum band. Describing extracurricular activities
program and describing drum band drum band extracurricular learning outcomes
in MTsN Kedunggalar Ngawi. This study used a qualitative approach, which
beralokasi in MTsN Kedunggalar Ngawi addressed in the highway kedunggalar
No. 20. In this study using the technique of collecting data through interviews,
observation, and documentation. The learning model used is a direct learning
model with learning methods demonstration, drill, lectures and training methods.
Instructional media used by teachers in presenting the material to students in the
form of software Finale, where students can read and listen to the live sound of
the song notation will be made as material drum band rehearsal. It is easier for
students to understand the score and at the same time as the register bunya
notation to be applied to the instrument drum band. Evaluation study conducted
jointly after the student exercise final stage or after a show of titles recorded with
camcorders and will be broadcast using the LCD to be evaluated together.
Extracurricular learning outcomes drum band in MTsN Kedunggalar Ngawi
realized in the form of assessment scores. Assessment is very important in a
learning process because the teacher can know the achievement assessment of
student performance. Assessment also be an accountability report to the
madrasah teachers listed in the form of grades.

Keyword: learning, extracurricular, drum band,  Learning result.

Published
2015-10-27
How to Cite
KATON HARYANGGITA, A. (2015). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KEDUNGGALAR NGAWI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(1). https://doi.org/10.26740/jps.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 2845