PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI GEDANGAN SIDOARJO

  • AULIYA PUTRI DIMA

Abstract

Musik bisa dikatakan keajaiban bagi seorang penderita berkebutuhan
khusus. Pembelajaran musik angklung di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan
adalah salah satu wadah menyalurkan  keterampilan  bermusik  siswa  yang
mengalami  berkebutuhan  khusus. Pembelajaran musik angklung dilakukan
secara kelompok oleh anak berkebutuhan khusus (tuna netra, tuna grahita ringan
dan tuna grahita sedang). Campuran dari kelompok pembelajaran musik
angklung diambil dari berbagai jenjang pendidikan. Oleh karena itu hal ini
menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui profil
Sekolah Di Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan Sidoarjo. (2) Mengetahui
pelaksanaan pembelajaran musik angklung di Sekolah  Luar  Biasa  Negeri
Gedangan  Sidoarjo.  (3)  Mengetahui  keterampilan  bermusik angklung siswa di
Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan Sidoarjo. (4). Mengetahui manfaat dari
pembelajaran musik angklung untuk siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar
Biasa Negeri Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan
subjek penelitian Anak Berkebutuhan Khusus tuna netra, tuna grahita sedang dan
tuna grahita ringan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Gedangan Sidoarjo.
Obyek penelitian ini adalah proses pembelajaran musik angklung. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan profil Sekolah Luar Biasa Negeri Gedangan
mempunyai pembelajaran musik angklung sebagai mata pelajaran seni budaya.
Pembelajaran dilaksanakan dengan menggabungkan beberapa jenjang pendidikan
dari SDLB sampai dengan SMALB yang terdiri dari Anak Berkebutuhan Khusus
(tuna netra, tuna rungu, grahita ringan, tuna grahita sedang, dan tuna daksa).
Materi pembelajaran musik angklung adalah mengenal lirik, notasi, dan cara
memegang serta memainkan alat musik angklung untuk lagu Ibu Pertiwi, Hella
Rotane, I Have A Dream, Indonesia Pusaka. Keterampilan kompetensi afektik
dilihat pada saat pembelajaran berlangsung, tampil unjuk kerja di sekolah  
maupun diluar sekolah menunjukkan sikap sopan dan kurang sopan serta ada
juga yang tidak mematuhi peraturan. Beberapa maanfaat dari aspek
pengembangan  kognitif, psikomotorik dan afektik yang didapat oleh siswa.
Pengembangan kognitif dari siswa dapat mengerti lagu mulai dari judul lagu dan
lirik lagu. Segi psikomotorik ada pengembangan koordinasi fisik.
Simpulan pembelajaran musik angklung meliputi : (1) Sekolah Luar Biasa
Negeri Gedangan adalah sekolah berkebutuhan khusus yang menyelenggarakan
pembelajaran musik angklung sebagai mata pelajaran seni budaya. (2) Materi
yang digunakan disesuaikan dengan kondisi dan karakter siswa dengan melihat
kecenderungan perilaku yang sering dilakukan (stimulasi). Penyampaian materi
dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi sangat efektif dengan
melihat kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran musik angklung. (3)
Ditemukan beberapa perkembangan perilaku dan keterampilan bermain angklung
secara signifikan dan memperlihatkan hasil baik yang ditimbulkan dari
pembelajaran angklung. (4) Manfaat pembelajaran musik angklung dari segi
pengembangan kognitif, psikomotorik, dan afektif didapat oleh siswa.

Kata Kunci: Musik angklung, Berkebutuhan khusus, Sekolah Luar Biasa


 Music can be a miracle for children have disability. A music lessons can
be a jar for them to developing their musical talents. This research are held to:
(1) know about the school profile, (2) knowing about learning “angklung” music
at school for disability people at sidoarjo, (3) knowing children ability to playing
angklung at sekolah luar biasa gedangan sidoarjo, (4) Knowing the benefits from
learning “angklung” music at sekolah luar biasa gedangan sidoarjo. The
research are using qualitative method, with subject for the research are children
at State Extraordinary School of Gedangan Sidoarjo who blind and down
syndrome. Object of this research are learning using angklung. The collecting
data technique are using observation and interview. The analys data technique
are using descriptive.
 The result show one of the subjects of art State Extraordinary School of
Gedangan are angklung music. The learning session are combine couple of step.
From the elementary for disability children to the highschool for disability
teenager that consist of children that blind, down syndrome, deaf and many more.
Learning session are used for children to know about angklung lyrics, notasion
and how to play angklung. Some of the benefits of playing angklung are it can
increase children cognitive ability. From know about the lyrics, and their psycho-
motoric there are some significant increase about the physic coordination, afectif.
Children are more polite, not aggressive, want to cooperate with others.
 The conclusion is, there are some increase about behavior and ability to
play angklung significantly and show some good affect

 Keyword: angklung music, disability, extraordinary school

Published
2015-10-27
How to Cite
PUTRI DIMA, A. (2015). PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI GEDANGAN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(1). https://doi.org/10.26740/jps.v3n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 559