LAGU-LAGU CIPTAAN ADI WINOTO SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMPN 2 TAMAN SIDOARJO (TINJAUAN BENTUK LAGU)

Authors

  • RIKMA NADHISEDYA TANAYA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v3n1.p%25p

Abstract

Adi Winoto adalah guru Seni Budaya di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo,
yang menciptakan lagu sebagai materi pembelajaran. Diantara 7 lagu ciptaan Adi
Winoto yang digunakan sebagai materi pembelajaran ansambel musik di SMP
Negeri 2 Taman Sidoarjo adalah Lembayung 2, Guru dan Bunga Anggrek.
Ansambel musik merupakan bagian dari pembelajaran Intrakurikuler pada mata
pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo yang memakai
kurikulum 2013 untuk kelas VII. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis
menentukan fokus permasalahan sebagai berikut: (1) Mengapa Adi Winoto
menciptakan lagu-lagu sebagai materi pembelajaran ansambel di SMP Negeri 2
Taman? (2) Bagaimana analisa bentuk lagu dari beberapa lagu yang diciptakan
oleh Adi Winoto sebagai materi ansambel di SMPN 2 Taman? (3) Bagaimana
proses pembelajaran ansambel musik di SMPN 2 Taman dengan menggunakan
materi lagu ciptaan Adi Winoto?
Landasan teori yang digunakan oleh peneliti adalah bentuk lagu dan struktur
musik untuk menjawab analisis bentuk musik. Sedangkan untuk menjawab proses
pembelajaran ansambel musik landasan teori yang digunakan adalah strategi
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dokumetasi dan kuesioner. Untuk mencapai
validitas data, penulis melakukan triangulasi metode dan triangulasi sumber.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan Adi Winoto menciptakan
lagu sebagai materi pembelajaran disebabkan keprihatinannya pada anak-anak
jaman sekarang yang menyanyikan lagu tidak sesuai usianya. Bentuk lagu
“Lembayung 2” adalah lagu 2 bagian yang mempunyai urutan kalimat A (aa') B
(bb'). Pada lagu "Bunga Anggrek" merupakan lagu 1 bagian yang mempunyai
urutan kalimat A (ax). Sedangkan lagu "Guru" merupakan lagu tiga bagian
dengan urutan kalimat AA’ BB’ A’. Proses pembelajaran ansambel musik di SMP
Negeri 2 Taman Sidoarjo pada kelas VII D merupakan pembelajaran yang kreatif.
Guru menciptakan lagu yang selanjutnya digunakan sebagai materi pembelajaran
ansambel.
Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini ialah (1) Tujuan Adi
Winoto menciptakan lagu sebagai materi pembelajaran adalah karena
keprihatinannya pada anak-anak jaman sekarang yang menyanyikan lagu tidak
sesuai dengan usianya. Selain itu, agar memudahkan siswa dalam pembelajaran
seni musik. (2) Lagu yang diciptakan Adi Winoto sebagai materi pembelajaran
ansambel merupakan lagu sederhana karena mempunyai bentuk yang sederhana.
(3) Pemilihan materi lagu yang digunakan oleh Adi Winoto juga sesuai dengan
Kurikulum 2013, karena pada kurikulum 2013 tidak disebutkan spesifikasi lagu
yang digunakan, selain itu pesan yang terkandung dalam lagu yang digunakan
masih bernuansa pendidikan. Antusias siswa dan saran prasana juga mendukung
proses pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo.

Kata Kunci: Lagu, Pembelajaran, Ansambel, Bentuk lagu


Adi Winoto is Cultural Arts teachers at Junior High School 2 Taman Sidoarjo,
who created the song as learning materials. Between7 songs composed by Adi Winoto
used as learning material Music Ensemble in Junior High School 2 Taman Sidoarjo,
the songs are “Lembayung 2”, “Guru” and “Bunga Anggrek”. A musical ensemble
learning using the curriculum in 2013. Based on the background, the authors define
the focus of the problem as follows: (1) Why Adi Winoto created songs as ensemble
learning materials in Junior High School 2 Taman? (2) How does the analysis of
song form from some of the songs composed by Adi Winoto as ensemble learning
material in Junior High School 2 Taman? (3) How are the learning processes of
music ensembles in Junior High School 2 Taman using a song written by Adi Winoto
as the materials?
Theoretical basis used by researchers is the form of songs and musical
structure. While to answer the learning process using the theoretical basic of
learning strategies and evaluation of learning. Methods of data collection using
observation, interviews, documentation and questionnaires. To achieve the validity of
the data, the authors do triangulation method and source triangulation.
These results indicate that the purpose of Adi Winoto created songs as learning
materials are concerned with today childrens who sings the song that does not fit
their age. For the song “Lembayung 2”, songs that have a 2 part A sentence order
(aa') and (bb'). In the song "Bunga Anggrek", is a song that has a sequence of 1 part
of the sentence A (ax). As for the song "Guru", is a three-part song with the phrase
sequence AA 'BB' A '. Music ensemble learning process in Junior High School 2
Taman Sidoarjo in class VII D is a creative learning. Teachers create songs as
ensemble learning materials.
The conclusion that can be drawn from the results of this study are (1) Adi
Winoto created songs as learning materials are concerned with today childrens who
sings the song that does not fit their age. (2)songs that were created by Adi Winoto as
ensemble learning materials is a simple song.  (3)Selection of song material used by
Adi Winoto also in accordance with curriculum 2013, because the curriculum in 2013
did not mention the specifications songs used, other than that the message the song in
nuanced education. Enthusiastic students and suggestions infrastructures also
support the learning process of music ensembles in Junior High School 2 Taman
Sidoarjo.

Key Words : Songs, Learning, Ensemble, Song Form

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-27

How to Cite

NADHISEDYA TANAYA, R. (2015). LAGU-LAGU CIPTAAN ADI WINOTO SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMPN 2 TAMAN SIDOARJO (TINJAUAN BENTUK LAGU). Jurnal Pendidikan Sendratasik, 3(1). https://doi.org/10.26740/jps.v3n1.p%p

Issue

Section

Articles
Abstract views: 43 , PDF Downloads: 248