KOLABORASI ALAT MUSIK PERKUSI DAN GAMELAN DALAM EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN DI SMP NEGERI 9 PROBOLINGGO

  • ANDY WIRA SUJANA

Abstract

Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SMPN 9 Probolinggo mampu mengembangkan minat dan kreatifitas siswa dalam bermusik, khususnya musik tradisi karawitan agar digemari oleh siswa-siswi SMPN 9 Probolinggo. Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SMPN 9 Probolinggo menggunakan kreasi musik baru yakni dengan instrumen musik perkusi tonal atau gamelan, perkusi atonal atau perkusi tidak bernada, dan vokal yang disajikan dengan metode kolaborasi agar siswa-siswi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SMPN 9 Probolinggo dan terbukti menuai hasil dan prestasi gemilang tingkat Kabupaten/Kota di Probolinggo dan prestasi tingkat Provinsi di Jawa Timur dalam kegiatan lomba Pekan SeniĀ  Pelajar tahun 2008 hingga 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kolaborasi musik dalam Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SMPN 9 Probolinggo.
Hasil penelitian ini Proses kolaborasi dalam Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SMPN 9 Probolinggo dimulai dari tahap seleksi anggota, rekrutmen tim kolaborasi. Tim mengeksplorasi alat gamelan dipadukan dengan instrumen lainnya dengan cara menyiapkan sumber bunyi, identifikasi alat, dan klasifikasi instrumen dengan menghubungkan sumber-sumber bunyi. Pengembangan kreatifitas siswa ini digabung dengan lagu yang sudah dipilih selanjutnya dimainkan sesuai tugas dan peran anggota dalam tim kolaborasi.

Kata kunci: Ekstrakurikuler Seni Karawitan, Kolaborasi.

Published
2017-07-20
How to Cite
WIRA SUJANA, A. (2017). KOLABORASI ALAT MUSIK PERKUSI DAN GAMELAN DALAM EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN DI SMP NEGERI 9 PROBOLINGGO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jps.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 227