PEMBELAJARAN MUSIK PADA SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI SDLB KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK

  • TIO ATNELA SITOMPUL

Abstract

Pembelajaran seni musik penting diberikan kepada anak berkebutuhan khusus untuk memberikan pengalaman baru dan menggali potensi dalam dirinya. Proses pembelajaran seni musik di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik dilaksanakan secara bersamaan dari siswa kelas I s/d VI menjadi hal menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran musik dengan metode picture and picture yang mampu membuat siswa tunagrahita di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik dapat berbicara dengan lebih baik. (2) Mengetahui hasil pembelajaran lagu “Ambilkan Bulan Bu” di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan subjek penelitian siswa tunagrahita kelas I s/d VI serta pendidik seni musik di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Obyek penelitian ini adalah proses pembelajaran lagu “Ambilkan Bulan Bu” pada siswa tunagrahita. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran musik pada siswa tunagrahita di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik sudah cukup baik, prota promes, dan rencana pembelajaran dimodifikasi dengan karakteristik siswa. Proses pembelajaran dengan metode picture and picture terbukti efektif karena siswa tunagrahita mampu mengingat dan menghafalkan lagu dengan cepat dan tehnik artikulasi dalam pembelajaran lagu “ambilkan bulan bu” dapat membantu siswa berbicara dengan lafal yang jelas. Simpulan pembelajaran musik pada siswa tunagrahita meliputi: (1) Pelaksanaan pembelajaran seni musik memiliki komponen pendukung yang memadai. (2) Ditemukan perkembangan positif yang ditunjukkan dengan kemampuan berbicara siswa menjadi lebih baik.

Kata Kunci : Pembelajaran Musik, Metode Picture and Picture

Published
2017-07-28
How to Cite
ATNELA SITOMPUL, T. (2017). PEMBELAJARAN MUSIK PADA SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI SDLB KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 5(1). https://doi.org/10.26740/jps.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 240