PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEMARI PENDINGIN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGRASI PENDINGIN

  • Alnovian Rosiantri . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Endryansyah . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigrasi yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif lemari pendingin. (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigrasi menggunakan media pembelajaran interaktif lemari pendingin (3) mengetahui tingkat validitas atau kelayakan media pembelajaran interaktif lemari pendingin pada mata pelajaran sistem dan instalasi refrigrasi.

Jenis metode penelitian dari judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lemari Pendingin Menggunakan Adobe Flash CS4 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigrasi” adalah Research and Development (R&D), artinya metode untuk menghasilkan produk, dalam hal ini adalah media interaktif lemari pendingin. Rancangan penelitiannya menggunakan eksperimen semu (quasi-experimental research), dengan bentuk nonequivalent control group desain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung menggunakan media interaktif pada nilai rata – rata posttest adalah 82.35% dengan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran langsung tanpa media interaktif pada nilai rata – rata posttest adalah 72.94% pada mata pelajaran system dan instalasi refrigrasi yang mengacuh pada nilai KKM yaitu KKM >75. Dapat juga di lihat dari nilai hasil belajar ranah afektif dan psikomotor pada kelas eksperimen berturut-turut adalah 83,68% dan 83.81% sedangkan untuk nilai hasil belajar ranah afektif dan psikomotor pada kelas kontrol berturut-turut adalah 81,91% dan 82.84%. (2) Hasil angket respon siswa setelah menggunakan media interaktif memperoleh prosentase 89.60% dan termasuk dalam kategori sangat baik. (3) Hasil rating validasi instrumen media interaktif mencapai prosentase 81.58% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Dari keseluruhan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif lemari pendingin dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : sistem dan instalasi refrigrasi, media interaktif lemari pendingin, peningkatan hasil belajar.

.

Abstract

This study aims to: (1) knowing improving student learning outcomes in systems and installation of refrigeration systems that learned to use interactive learning media refrigerator. (2) determine students' response to the learning subjects and installation of refrigeration systems using interactive learning media refrigerator (3) determine the validity or appropriateness of interactive learning media on subjects refrigeration systems and refrigeration installations.

Types of research methods of the title "Development Media Interactive Learning Refrigerators Using Adobe Flash CS4 To Improve Student Results In Lesson System and Installation Refrigrasi" is a Research and Development (R & D), means a method to produce a product, in this case is the interactive media cabinets cooling. The design uses a quasi-experimental research (quasi-experimental research), the shape of nonequivalent control group design.

The results showed that: (1) There is an increased cognitive learning outcomes significantly between students that learned direct instructional model using interactive media in value - average posttest was 82.35% with students that learned learning model directly without interactive media on value - average posttest was 72.94% in subjects and installation of refrigeration systems that mengacuh on the KKM is KKM > 75. Can also in view of the value of the affective and psychomotor learning in the experimental class are respectively 83.68% and 83.81%, while for the value of the affective and psychomotor learning in the control class are respectively 81.91% and 82.84%. (2) The results of student questionnaire responses after using interactive media to obtain a percentage of 89.60% and is included in the excellent category. (3) The results of the validation instrument rating interactive media reaches a percentage of 81.58% and is included in the category of very valid. From the overall results it can be concluded that interactive media refrigerator declared fit for use as a medium of learning.

Key Words : system and installation of refrigeration, refrigrator interactive media, increased learning outcomes.

Author Biographies

Alnovian Rosiantri ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Endryansyah . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-05-01
How to Cite
., A., & ., E. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEMARI PENDINGIN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGRASI PENDINGIN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 18