PEMBUATAN TRAINER POWER SUPPLY PADA MATA KULIAH RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA

  • Mukhammad Nur Fauzi Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Puput Wanarti Rusimamto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang berupa trainer power supply. Adapun yang melatar belakangi adanya penelitian ini adalah pendidikan yang berorentasi pada kegiatan praktik, sehingga perlu adanya sebuah media yang sesuai dalam penyampaian materi pembelajaran selama kegiatan praktik. Media pembelajaran trainer power supply dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran terutama kegiatan praktikum mahasiswa, pada standar kompetensi penerapan rangkaian elektronika.

Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dan dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisi masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji produk dan (7) tahap analisa dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon mahasiswa untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 77,45%. Respon mahasiswa pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dan jobsheet dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon mahasiswa sebesar 92,8% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa trainer power supply yang dihasilkan layak dan baik digunakan sebagaimedia pembelajaran.

Kata kunci: Media pembelajaran, Trainer power supply,

Metode Penelitian Research and Development (R&D).

Abstract

This research produced the learning media in the form of power supply trainer. As for the background to this research is the educational orientation on practicalactivities, thus the appropriate media is needed for delivering the learning materials during the practical activities. Power supplytrainer instructional media in this research aims to improve the learning activities especially for students’ practicum, in the standard competence of electronic circuit implementation.

The research method was using the Research and Development (R& D). In this reseach there are 7 (seven) stages, namely: (1) the stage of analyzing problems, (2) the stage of collecting data, (3) the stage of product design, (4) the stage of validationdesign, (5) the stage of revisionsdesign, (6) the stage of product test, and (7) the stage of analyzing and reporting. Collected data in this reseach was obtained from the results of validation to determine the eligibility of the resulting media, as well as the results of student responses to determine the response of students towards trainer media and resulting jobsheet.

Based on the research results, can be concluded thatthe whole aspect of the validation results are contained in trainer media that can be said as good with an average rating resultsof 77.45%. Student responses on all aspects contained in the media trainer and jobsheet assessed to be getting a positive responses with the average results of student response rating of 92.8% were categorized as very good. Those things show that the resulting power supply trainer is eligible and well to be used as alearning media.

Keywords: Learning Media, Power supply trainer,

Research Methods Research and Development (R & D).

Author Biographies

Mukhammad Nur Fauzi, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Puput Wanarti Rusimamto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2015-09-01
How to Cite
Fauzi, M., & Rusimamto, P. (2015). PEMBUATAN TRAINER POWER SUPPLY PADA MATA KULIAH RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 21