PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KOMUNIKASI DATA SINYAL DIGITAL ANTAR PERALATAN ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

  • Muhammad Wahid Sulaiman Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Munoto . . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu sarana pendukung pembelajaran di SMK Negeri 2 Lamongan, khususnya pada jurusan  Teknik Elektronika Industri. Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk alat bantu yang didukung berbagai komponen seperti teks, suara, gambar dan video pendukung pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) membuat media yang valid berupa media pembelajaran, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran, (3) untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain media pembelajaran, (4) tahap validasi media pembelajaran, (5) tahap revisi media pembelajaran, (6) tahap uji coba media pembelajaran, (7) tahap analisa dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah kelas X-TEI SMK Negeri 2 Lamongan. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study dimana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel tanpa ada sampel kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode tertulis.

Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang telah divalidasi dengan mendapatkan rating skor RPP sebesar 77,31% yang masuk kategori valid, butir soal sebesar 80,20% yang masuk kategori valid, dan media sebesar 88,88% yang masuk kategori sangat valid. Hasil ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa 32 siswa telah memenuhi kriteria kelulusan dan 4 siswa dari 36 siswa tidak tuntas. Sehingga media tersebut sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci : Media, Multimedia, R&D, Ketuntasan Belajar.

 

Abstract

Developing learning media is one of supporting learning means at State Vocational School 2 Lamongan, particularly for Department of Industrial Electrical Engineering. The learning media is learning aid supported by components such as text, sound, picture, and video. The research aimed at (1) making valid media namely learning media, (2) figuring out the students’ outcomes that were using learning media, (3) figuring out the conduct of learning by means of learning media.

The research employed Research and Development (R & D) method. There were 7 phases in the research i.e. the phases of (1) potential and problem, (2) data collection, (3) learning media design , (4) learning media validation, (5) learning media revision, (6) learning media testing, (7) analysis and report. The research subject was class X-TEI State Vocational School 2 Lamongan. The research design employed One Shot Case Study by using one sample without control sample as the comparator. The data collection technique was written method.

The research result indicated that the validated learning media obtained 77.31% rating score of lesson plan and categorized valid, the question items also categorized valid as they got 80.20% while the media gained 88.88%, thus considered greatly valid. The students’ learning accomplishment indicated that out of 36 students, 32 students had completed the accomplishment criteria while 4 students unaccomplished. Therefore, the media was appropriate to use as learning media.

Keywords: Media, Multimedia, R & D, Learning Accomplishment.

Author Biographies

Muhammad Wahid Sulaiman, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Munoto . ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2016-01-01
How to Cite
Sulaiman, M., & ., M. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KOMUNIKASI DATA SINYAL DIGITAL ANTAR PERALATAN ELEKTRONIKA KELAS X TEI DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 23