PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOPERATIF DENGAN METODE PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK

  • DWI AGUS SAYFUDIN

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Raden Patah Mojokerto. Peningkatan prestasi belajar siswa erat kaitannya dengan aktivitas belajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dan metode pembelajaran yang lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa seperti metode SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) yang berdasar pada konsep BBA (Belajar Berdasarkan Aktivitas) memanfaatkan semua indra dalam belajar diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Raden Patah Mojokerto. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar validasi buku ajar, lembar validasi butir soal evaluasi, lembar pengamatan aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif dengan metode pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata hasil rating validasi mencapai 89,3%. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil rating 82,64%. Kemudian, hasil uji coba terbatas menunjukkan hasil belajar siswa dibandingkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) berdasarkan prentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 100% dengan rata-rata 80. Hasil pengamatan aktivitas siswa termasuk dalam kategori baik dengan presentase 72,8%.

Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan metode pendekatan SAVI pada standar kompetensi memperbaiki peralatan rumah tangga listrik dinyatakan layak digunakan.

Kata kunci               : Kooperatif, Somatic, auditory, visualization, intellectually.

 

Abstract

This study aims to produce a decent learning sets used to improve student learning outcomes in SMK Raden Patah Mojokerto. Increasing student achievement is closely related to the learning activities in the classroom and outside the classroom. By using cooperative learning and teaching methods which further enhance the students learning activities such as SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) method based on the concept BBA (Based Learning Activities) utilize all the senses in learning are expected to improve student achievement.

Research conducted using the Research and Development (R & D) methods, the subject of this study are students of class X TITL 2 in SMK Raden Patah Mojokerto. While the instruments used is a learning sets validation sheet, textbook validation sheet, items of evaluation validation sheet, student activity observation sheet and achievement test. Data were analyzed descriptively and quantitatively expressed as a percentage.

The tests showed that the cooperative learning approach SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) included in the category of very valid with an average rating of validation reached 89.3%. The observation of the learning practically included in the excellent category with 82.64% rating. Then, the test results showed the students learning outcomes compared completeness Minimum Criteria (KKM) based on the results of classical learning completeness reach 100% with an average of 80. The observation of student activity included in good categories with a percentage of 72.8%.

Based on the results of limited testing has been done, it can be concluded that the learning sets developed by the cooperative learning and method of SAVI in standard competence of repairing electrical household appliances declared fit for use.

keyword   : Cooperative, somatic, auditory, visualization, intellectually.

Published
2016-07-29
How to Cite
AGUS SAYFUDIN, D. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOPERATIF DENGAN METODE PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) PADA STANDAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 22