PENGARUH KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM ORGANISASI ROBOTIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X AV DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • Kanugrahan Andi Prastyo

Abstract

Abstrak       

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa ranah kognitif yang ikut organisasi robotika dan yang tidak ikut organisasi robotika pada mata pelajaran Elektronika Dasar (2) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa ranah psikomotor yang ikut organisasi robotika dan yang tidak ikut organisasi robotika pada mata pelajaran Elektronika Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Causal Comparative Reaserch (Ex-Post Facto). Cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya, dimana varibel bebasnya tidak dikendalikan oleh peneliti dan bersifat ex-post pasto artinya data dikumpulkan. Dengan membagi kelompok penelitian menjadi dua kelompok eksperimen, yaitu kelompok pertama adalah kelompok  siswa yang ikut organisasi robotika dan kelompok kedua adalah kelompok siswa yang tidak mengikuti organisasi robotika. Pada penelitian ini menggunakan tiga kelas sebagai sampel, yaitu kelas X TAV-1, X TAV-2, dan X TAV-3 dari ketiga kelas sebagai kelas eksperimen yang di belajarkan menggunakan perangkat pembelajaran praktikum. Hasil penelitian berupa data skor validasi dan hasil belajar. Hasil validasi menunjukan bahwa Berdasarkan analisis skor yang di dapat berdasarkan nilai validator, diketahui nilai kevalidan setiap instrumen yaitu : Butir soal Post-Test = 4,3625; Pengamatan Keterampilan = 4,290909091. Dengan nilai validasi keseluruhan berada dalam interval >4,2 s/d 5 dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil dari keseluruhan uji-t pada hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor siswa yang mengikuti organisasi robotika dan siswa yang tidak mengikuti organisasi robotika secara berurutan hasil nilai signifikansinya yakni 0,000 (kognitif); 0,303 (Psikomotor). Sedangkan nilai signifikansi yang telah ditentukan sebesar α = 0,05. Karena hasil nilai signifikansi dari uji-t untuk ranah kognitif < nilai signifikansi yang ditentukan sebesar α = 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah kognitif terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti organisasi robotika dan siswa yang tidak mengikuti organisasi robotika. Dan hasil nilai signifikansi dari uji-t untuk ranah psikomotor > nilai signifikansi yang ditentukan sebesar α = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah psikomotor tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti organisasi robotika dan siswa yang tidak mengikuti organisasi robotika.

Kata kunci: Organisasi Robotika, Transistor Tester, Praktikum.

Abstract

The study aimed to (1) Describe the differences in learning outcomes of students cognitive participating organizations robotics and who did not join the organization robotics on the subject Basic Electronics (2) Describe the differences in learning outcomes of students psychomotor participating organizations robotics and which do not join the organization robotics on the subjects of Basic Electronics.This study uses research methods Causal Comparative Reaserch (Ex-Post Facto). Method used by researchers to collect data research, the independent variables are not controlled by the researcher and ex-post nature pasto means the data collected. By using the research group split into two experimental groups, the first group is a group of students participating organizations robotics and the second group is a group of students who did not follow the organization robotics. In this reaserch study using three classes as samples, is class X TAV-1, X TAV -2 and X TAV -3 of the third class as a class experiment in using learning tools are teaching practicum. Results of the research is a score data validation and the learning outcomes. The tests showed that the scores obtained by the analysis based on the value validator, resulting value of the validity of each instrument is : Posttest Those items = 4,3625; observation Skills = 4,290909091. With the validity of the whole is in the interval > 4.2 until 5 By category “Very Valid”. The results of all the t-test on the learning outcomes of students cognitive and psychomotor students who take the robotics organizations and students who do not follow the organization robotics sequentially the results of the significance value of 0.000 (cognitive); 0,303 (Psychomotor). While the significant value that have been set at α = 0.05. Because to the significance of the results of the t-test for cognitive < value significance was set at α = 0.05, then H1 accepted and H0 rejected, so it can be concluded that the results of cognitive learning there are significant differences between the learning outcomes of students who take the organization robotics and students who do not follow the organization robotics. And the results of the significance of the t-test for psychomotor > significance value was set at α = 0.05, then H0 accepted and H1 rejected, so it can be concluded that the results of psychomotor learning there is no significant difference between the learning outcomes of students who take the organization robotics and students who do not follow the organization robotics

Keywords: Robotics organization, Transistor Tester, Practicum.

Published
2016-08-30
How to Cite
Andi Prastyo, K. (2016). PENGARUH KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM ORGANISASI ROBOTIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X AV DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v5n3.p%p
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 20