PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • Muhammad Syafii

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 5 Surabaya, bahwa terdapat kendala yang belum terpenuhi. Salah satunya yaitu media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak. Kelayakan tersebut mengacu pada aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan/Research and Development/R&D yang terdiri atas 7 langkah yaitu: (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Awal Produk, (4) Pengujian Awal, (5) Revisi Uji Lapangan Terbatas, (6) Uji Produk Secara Luas, dan (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-AV1 sebagai kelas kontrol dan XI-AV2 sebagai kelas eksperimen di SMK Negeri 5 Surabaya. Pada penelitian ini desain ujicoba yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis lectora pada aspek validitas media pembelajaran dinyatakan sangat layak dengan perolehan hasil rating sebesar 86%, aspek kepraktisan media pembelajaran yang ditinjau dari responden (guru dan siswa) dinyatakan sangat praktis dengan perolehan hasil rating sebesar 97%, aspek keefektifan media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Dari tes hasil belajar siswa didapatkan th = -5,009 < ttabel = 2,016 dengan signifikansi sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar akhir siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh hasil rating sebesar 96%, sehingga dapat dinyatakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran berbasis lectora layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: lectora, validitas, kepraktisan, efektifitas dan jigsaw.

 

Abstract

This research was motivated by the observation in SMK Negeri 5 Surabaya, that there are constraints which have not been fulfilled. One of them is Learning Media. This research aims to produce media worthy of study. Feasibility refers to the aspect of validity, practicality, and effectiveness.

This research is kind of development research that consists of 7 steps, namely: (1) research and information ghatering, (2) planning, (3) developing initial product, (4) preliminary testing, (5) revision of the test field is limited, (6) test the product extensively, and (7) analysis and reporting. Subject this research is students of class XI-AV1 as control class and XI-AV2 as the experimental class at SMK Negeri 5 Surabaya. In this study, the design of the test used is a Non-Equivalent Control Group Design.

The results showed that the feasibility of learning media based Lectora on the aspect of the validity of learning media expressed very feasible with the acquisition of the result of the rating is 86%, the practicality aspect of learning media was reviewed from the respondents (teachers and students) expressed very practical with the acquisition of the result of rating is 97%, the aspect of the effectiveness of the learning media was reviewed from the student learning outcomes and the feasibility study. From the test results of the students learning obtained th = -5,009 < ttable = 2,106 with a significance 0,000, so it can be concluded that there are very significant differences in learning outcomes in students final between control class and experimental class. The feasibility study obtained the results of the rating is 96%, so it can be stated that the feasibility study carried out with very good. Based on the results of the research be aware that learning media based Lectora deserve to be used in the learning process.

Keywords: lectora, validity, practicality, effectiveness and jigsaw.

Published
2017-01-05
How to Cite
Syafii, M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 5 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n1.p%p
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 38