PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SHIFT REGISTER DAN COUNTER PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • RIZKI SENJA ZAKARIYA

Abstract

Abstrak       

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media trainer dan jobsheet yang valid, mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan media trainer. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi menjadi delapan tahap penelitian, yaitu: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Validasi produk, (7) Uji coba produk, dan (8) Analisis dan pelaporan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen (one group pretest-posttest design), yaitu kelas XI AV 2 yang melaksanakan pembelajaran menggunakan media trainer dan jobsheet. Hasil penelitian berupa data skor validasi trainer dan jobsheet, respon siswa, dan hasil belajar pretest-posttest pada ranah kognitif dan psikomotor. Penilaian validitas terhadap media pembelajaran oleh para ahli memperoleh hasil prosentase penilaian sebagai berikut: (1) Validitas media trainer sebesar 81,11% (valid) dan (2) Validitas jobsheet sebesar 84,4% (sangat valid). Hasil respon siswa menunjukkan penilaian yang positif terhadap penggunaan trainer dengan memperoleh prosentase respon sebesar 77,72% (baik) dan prosentase respon terhadap penggunaan jobsheet sebesar 80,25% (baik). Hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan perhitungan nilai t menggunakan software SPSS v.21 dan perhitungan manual, diperoleh hasil penilaian sebagai berikut: (1) Nilai thitung = -5,528 (kognitif); dan (2) Nilai thitung = -3,614 (psikomotor). Dengan menggunakan analisis uji t dua pihak dengan signifikansi α = 0,05 dan dk = 30, diperoleh nilai ttabel = ±2,04. Karena kedua nilai thitung (kognitif dan psikomotor) memenuhi kriteria penerimaan H1 atau penolakan H0, yakni nilai thitung < - ttabel (0,975). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar pretest terhadap postest pada ranah kognitif dan psikomotor, skor hasil belajar meningkat setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan media trainer dan  jobsheet.

Kata kunci: Trainer, Shift Register dan Counter. 

 

 

Abstract

This research aims to produce a valid trainer media and its worksheet, the student’s responses due to the learning media usage, and to know the results  of the learning process (pretest-posttest score) using trainer media. The method used in this study is research and development method (R&D) which is modified into eight stages: (1) Analyzing potentials and problems, (2) Data collection, (3) Product design, (4) Design validity, (5) Design revision, (6) Product validity, (7) Product testing, and (8) Report and analysis. This research studies group of students in a class which is the students of XI AV 2 at SMKN 3 Surabaya (one group pretest-posttest design), and the students are exposed with trainer media and worksheet. The research shows trainer and worksheet validity scores, student’s responses scores, and the learning results on the cognitive and psychomotor aspects. Those learning media are assessed by the experts, and the results show: (1) The percentage of trainer media validity is 81,11% (valid), while (2) The percentage of worksheet validity is 84,4% (very valid). Student’s responses on the sheets resembles a positive responses with the assessment of trainer media usage obtains 77,72% (good) and the assessment of worksheet usage obtains 80,25% (good). The learning results on the cognitive and psychomotor aspects are analyzed using t-test . The calculation of tcount score uses SPSS v.21 software and manual calculation analysis, resulting: (1) tcount score = -5,528 (cognitive); and (2) tcount score= -3,614 (psychomotor). Using two-sided t-test with significance α = 0,05 and dk = 30, resulting ttable score = ±2,04. Because both of tcount scores (cognitive and psychomotor) fulfill the H1 criteria and the refusal of H0 criteria, that is tcount score < - ttable score. Hence, it can be concluded that there are significant differences between pretest and posttest results on the cognitive and psychomotor aspects, the learning scores has significantly increased after having a learning process using shift register and counter trainer along with its worksheet.

Keywords: Trainer, Shift Register and Counter. 

Published
2017-03-10
How to Cite
SENJA ZAKARIYA, R. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER SHIFT REGISTER DAN COUNTER PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v6n2.p%p
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 756