PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMKN 1 BEJI

  • Wahyu Pranoto wicaksono jpte@ejournal.unesa.ac.id

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti bahwa sekolah SMKN 1 BEJI Kab.Pasuruan. Kegiatan pembelajaran belum menerapkan pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswauntuk berperan aktif secara langung dalam proses belajar-mengajar sehingga siswa dapat membangunpemahamannya sendiri. Peneliti mencoba menerapkan pembelajaran diskusi, salah satu pembelajarandiskusi adalah pembelajaran diskusi tipe Buzz Group. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuikeefektifan penggunaan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran diskusi tipe BuzzGroup, respon siswa, dan mengetahui hasil belajar. Rancangan dalam penelitian ini adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X program keahlian TeknikInstalasi Tenaga Listrik SMKN 1 BEJI, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XTITL 1 menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas X TITL 2 menggunakan pembelajarandiskusi tipe Buzz Group.

Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada pembelajarandiskusi tipe Buzz Group dinyatakan baik dengan hasil rating validasi materi ajar 89,5% , RPP sebesar89,6%, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran diskusi tipe Buzz Group dengan hasil rating90,6%. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 85 dan rata-rata kelas kontrol sebesar76, sedangkan perhitungan menggunakan Uji-t mendapatkan nilai t hitung 6,363 dan ttabel pada tarafsignifikan 5% (0,05) adalah 2,04. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan pengembangan perangkat pembelajaran diskusi tipe Buzz Group mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Diskusi Buzz Group, Hasil belajar Siswa.

ABSTRACT

Based on the result of the researcher observation on SMKN 1 BEJI of Pasuruan egion.Learning activities are yet to implement innovative learning that can help students to engage directly inthe process of teaching and learning so that students can build their own understanding. Researchers try toapply the learning discussion, one of the learning discussion is learning discussion type Buzz Group. Thepurpose of this study was determine the effetiveness application using a learning device type Buzz Groupdiscussion, student response, and know student learning outcomes. The design of the research is PosttestOnly Control Group Design. The population of the research is the entire class X expertise programinstallation of electric power engineering SMKN 1 Beji, while the sample of the research consist of twoclass that is X TITL 1 class using convensional learning and X TITL 2 class using discussion learningtype Buzz Group.

The result of validation showed that learning device using discussion learning type Buzz Group otherwise good with the rating validation teaching materials 89,5%, RPP in the amount of 89,6%, and response student about procces discussion learning type Buzz Group with the rating 90,6%. Averagestudent learning outcomes on experiment class is 85 dan average control class is 76, while calculationusing T-Test get tcount 6,363 and ttable on significant level 5% (0,05) is 2,04. Based on the result of theresearch it can be concluded that class using learning device discussion type Buzz Group has a better value learning than class using conventional learning.

 

Keyword: Discussion Learning Buzz Group, Student Learning Outcomes

Author Biography

Wahyu Pranoto wicaksono, jpte@ejournal.unesa.ac.id
jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2012-05-01
How to Cite
wicaksono, W. (2012). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMKN 1 BEJI. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v1n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 19