PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKNIK PENGATURAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB DENGAN INQUARY BASED LEARNING BERORIENTASI INDUSTRI

  • Totok Soehartanto jpte@ejournal.unesa.ac.id
  • Bambang Lelono Widjiantoro jpte@ejournal.unesa.ac.id

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan ilmu dan teknologi saat ini berjalan sangat cepat. Semakin ketatnya persaingan antar industri di dunia tentunya akan menyebabkan kebutuhkan tenaga kerja yang mampu menjalankan proses industri dengan baik. Penyampaian materi mata kuliah Teknik pengaturan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UNESA selama ini masih menggunakan metode ceramah sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa. Salah satu caranya dengan menyusun pengembangan modul ajar dan alat peraga teknik pengaturan menggunakan perangkat lunak matlab dengan inquiry based learning berorientasi industri. Modul yang telah selesai dibuat kemudian divalidasikan pada 7 orang validator. Dan rata-rata hasil penilaian validator adalah 3,31 yang termasuk dalam kategori baik. Aktivitas dosen dan mahasiswa yang paling dominan selama mengikuti uji coba adalah menggunakan modul pada waktu dosen menjelaskan materi dan mendemonstrasikan penggunaan media maupun pada waktu mahasiswa bekerja mengerjakan tes formatif teknik pengaturan yaitu sebesar (25,9% dan 25,85%). Hasil dari tes belajar mahasiswa (kognitif dan psikomotor) menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar seluruh mahasiswa (100%) setelah mengikuti perkuliahan menggunakan modul teknik pengaturan. Dari hasil respon mahasiswa juga menunjukkan respon yang positif terhadap modul Teknik Pengaturan berbasis Perangkat Lunak Matlab Dengan Inquiry Based Learning yang dikembangkan.

Kata Kunci : Modul, Alat Peraga, Inquiry, Matlab

 

ABSTRACT

The development of science and technology is currently running very fast. Increasing competition between industries in the world will certainly lead to the needs of workers who can run with good industrial processes. Delivery of course materials in the setting of Engineering De-partment of Electrical Engineering Education Unesa for this is still using the lecture method that takes a more interesting learning methods to enhance student skills. Oneway to arrange the development of teaching modules and props setting techniques using matlab software with industry oriented inquiry based learning. Module that has been created and then validated on 7 people validator. And the average is 3.31 validator results of the assessment are included in either category.Activities of faculty and students the most dominant during the trial is to use themodule lecturer at explaining material and de-monstrates the use of media as well asstudents at a formative test taking techniques work setting that is equal to (25.9%and 25.85%). The results of student learning tests (cognitive and psychomotor) shows the achievement of all students studying completeness(100%) after attending a course using the technique module settings. From the results of student responses also showed a positive response to the module settings based Software Engineering With Matlab Inquiry Based Learning developed.

Keyword: Module, Viewer Tool, Inquiry, Matlab

Author Biographies

Totok Soehartanto, jpte@ejournal.unesa.ac.id

Pendidikan Teknik Mesin, FT-UNESA Surabaya

Bambang Lelono Widjiantoro, jpte@ejournal.unesa.ac.id

Teknik Fisika, FTI-ITS Surabaya

Published
2012-05-01
How to Cite
Soehartanto, T., & Widjiantoro, B. (2012). PENGEMBANGAN MODUL AJAR TEKNIK PENGATURAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB DENGAN INQUARY BASED LEARNING BERORIENTASI INDUSTRI. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v1n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 40