PENGEMBANGAN TRAINER PEMBELAJARAN DASAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 2 SURABAYA

  • YOGA ANGGI PRASETYA
  • EDY SULISTIYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer pembelajaran dasar digital pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMKN 2 Surabaya. Kelayakan pada penelitian ini ditinjau dari tingkat kevalidan media pembelajaran, kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari respon guru dan respon siswa, dan keefektifan media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah ADDIE (Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi)). Trainer pembelajaran dasar digital dan experiment sheet yang dibuat, divalidasi oleh dua dosen ahli dan satu guru ahli, yang kemudian diuji cobakan pada 31 siswa kelas XI TAV SMKN 2 Surabaya. Hasil penelitian pada tingkat validitas menunjukkan media trainer pembelajaran dasar digital ini memiliki rata-rata hasil validasi media sebesar 92,22% yang dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian pada tingkat kepraktisan media trainer pembelajaran dasar digital, menunjukkan nilai rata-rata respon guru sebesar 91,5% dan pada respon siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 94,34% yang dikategorikan sangat praktis. Hasil penelitian pada tingkat keefektifan dengan komposisi: bobot nilai afektif sebesar 10%, bobot ranah kognitif sebesar 30% dan bobot ranah psikomotor sebesar 60%. Berdasarkan hasil analisis SPSS Tabel 4.11 pada output pertama one sample statistic dapat dilihat rata-rata hasil akhir siswa adalah 87,73. Hasil tersebut melebihi dari nilai KKM (KKM=75). Pada tabel 4.12. hasil akhir dari uji coba pemakaian produk didapatkan nilai thitung sebesar 19,852 dengan df adalah 30 dan memperoleh signifikansi 0,000. Dari thitung sebesar 19,852 dengan df = 30 diperoleh ttabel= 1,696. Maka didapatkan nilai thitung sebesar 19,852 > ttabel= 1,696 dengan taraf kesalahan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 yang artinya nilai rata-rata hasil belajar peserta didik lebih besar atau lebih besar sama dengan KKM.

Karena media trainer pembelajaran dasar digital yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Trainer Pembelajaran Dasar Digital, Validitas, Kepraktisan, Efektifitas.





Published
2019-08-23
How to Cite
ANGGI PRASETYA, Y., & SULISTIYO, E. (2019). PENGEMBANGAN TRAINER PEMBELAJARAN DASAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA DI SMKN 2 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 65