Pengembangan Media Training kit Arduino Uno dalam Mata Pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroller kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Krian 2 Sidoarjo

  • Muhamad Alwi Shihab Saifullah Universitas Negeri Surabaya
  • Lilik Anifah
  • Bambang Suprianto
  • Tri Rijanto

Abstract

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat dan berkembang saat ini terutama dalam media pembelajaran di sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman training tackle adalah alat yang dibutuhkan dalam pembelajaran PJBL( Project Based Learning) peserta didik bisa mempelajari alat tersebut dan mencoba cara kerja pemakaian alat. Dari permasalahan tersebut saya memibuat alat water position detector pengontrol dan ketinggian air. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap penelitian, yaitu(1) Analisis potensi dan masalah,(2) Pengumpulan data,(3) Desain produk,(4) Validasi produk,(5) Uji coba pemakaian,(6) revisi produk,(7) Uji coba produk,(8) Revisi desain,(9) Revisi produk dan (10) produk massal. Penelitian menggunakan kelas XI Teknik Elektronika Industri. Instrumen penelitian validasi menggunakan penilaian dari 4 Validator dengan sesuai keahlian dibidang masing – masing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem water level sensor. pengontrol air dapat bekerja dengan baik dengan yang diharapkan yaitu pada position pengontrol dan kentinggian air pada tandon air secara otomatis. Hasil dari data hasil statistik uji one simple T- test diketahui nilai t( t hitung adalah sebesar 9.362, nilai df ( degree of freendom) atau derajad kebebasan adalah sebesar 20. Nilai sig( 2- talled) atau nilai 2- taled atau nilai uji dua sisi adalah sebesar 0,011 dan dari data dan Hasil uji binominal test nilai probabilitas exact binomial( exact sig) adalah sebesar 0,002> 0,05 maka Ho diterima artinya data tentang belajar siswa. Berarti penelitian tentang hasil pembelajaran sangat valid

Author Biographies

Lilik Anifah

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat dan berkembang saat ini terutama dalam media pembelajaran di sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman training kit adalah alat yang dibutuhkan dalam pembelajaran PJBL (Project Based Learning) peserta didik bisa mempelajari alat tersebut dan mencoba cara kerja pemakaian alat. Dari permasalahan tersebut saya memibuat alat water level sensor pengontrol dan ketinggian air.Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap penelitian, yaitu: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) Uji coba produk, (8) Revisi desain, (9) Revisi produk dan (10) produk massal. Penelitian menggunakan kelas XI Teknik Elektronika Industri. Instrumen penelitian validasi menggunakan penilaian dari 4 Validator dengan sesuai ahli bidang masing – masing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem water level sensor. pengontrol air dapat bekerja dengan baik dengan yang diharapkan yaitu pada level pengontrol dan kentinggian air pada tandon air secara otomatis. Hasil dari data hasil statistik uji one simple T-test diketahui nilai t (t hitung adalah sebesar 9.362, nilai df (degree of freendom) atau derajad kebebasan adalah sebesar 20. Nilai sig (2-talled) atau nilai 2-taled atau nilai uji dua sisi adalah sebesar 0,011 dan dari data dan Hasil uji binominal test nilai probabilitas exact binomial (exact sig) adalah sebesar 0,002 > 0,05 maka Ho diterima artinya data tentang hasil belajar siswa. Berarti penelitian tentang hasil pembelajaran sangat valid

Bambang Suprianto

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat dan berkembang saat ini terutama dalam media pembelajaran di sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman training kit adalah alat yang dibutuhkan dalam pembelajaran PJBL (Project Based Learning) peserta didik bisa mempelajari alat tersebut dan mencoba cara kerja pemakaian alat. Dari permasalahan tersebut saya memibuat alat water level sensor pengontrol dan ketinggian air.Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap penelitian, yaitu: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) Uji coba produk, (8) Revisi desain, (9) Revisi produk dan (10) produk massal. Penelitian menggunakan kelas XI Teknik Elektronika Industri. Instrumen penelitian validasi menggunakan penilaian dari 4 Validator dengan sesuai ahli bidang masing – masing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem water level sensor. pengontrol air dapat bekerja dengan baik dengan yang diharapkan yaitu pada level pengontrol dan kentinggian air pada tandon air secara otomatis. Hasil dari data hasil statistik uji one simple T-test diketahui nilai t (t hitung adalah sebesar 9.362, nilai df (degree of freendom) atau derajad kebebasan adalah sebesar 20. Nilai sig (2-talled) atau nilai 2-taled atau nilai uji dua sisi adalah sebesar 0,011 dan dari data dan Hasil uji binominal test nilai probabilitas exact binomial (exact sig) adalah sebesar 0,002 > 0,05 maka Ho diterima artinya data tentang hasil belajar siswa. Berarti penelitian tentang hasil pembelajaran sangat valid

Tri Rijanto

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat dan berkembang saat ini terutama dalam media pembelajaran di sekolah. Seiring dengan perkembangan zaman training kit adalah alat yang dibutuhkan dalam pembelajaran PJBL (Project Based Learning) peserta didik bisa mempelajari alat tersebut dan mencoba cara kerja pemakaian alat. Dari permasalahan tersebut saya memibuat alat water level sensor pengontrol dan ketinggian air.Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap penelitian, yaitu: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) Uji coba produk, (8) Revisi desain, (9) Revisi produk dan (10) produk massal. Penelitian menggunakan kelas XI Teknik Elektronika Industri. Instrumen penelitian validasi menggunakan penilaian dari 4 Validator dengan sesuai ahli bidang masing – masing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem water level sensor. pengontrol air dapat bekerja dengan baik dengan yang diharapkan yaitu pada level pengontrol dan kentinggian air pada tandon air secara otomatis. Hasil dari data hasil statistik uji one simple T-test diketahui nilai t (t hitung adalah sebesar 9.362, nilai df (degree of freendom) atau derajad kebebasan adalah sebesar 20. Nilai sig (2-talled) atau nilai 2-taled atau nilai uji dua sisi adalah sebesar 0,011 dan dari data dan Hasil uji binominal test nilai probabilitas exact binomial (exact sig) adalah sebesar 0,002 > 0,05 maka Ho diterima artinya data tentang hasil belajar siswa. Berarti penelitian tentang hasil pembelajaran sangat valid

Published
2024-04-19
How to Cite
Shihab Saifullah, M., Anifah, L., Suprianto, B., & Rijanto, T. (2024). Pengembangan Media Training kit Arduino Uno dalam Mata Pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroller kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 13(02), 119-125. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/58958
Section
Vol 13 No 02 (JPTE Agustus 2024)
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 0