PENERAPAN SRATEGI PEMBELAJARAN REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Anton Iful Riyanto Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Supari Muslim . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah masih digunakannya model pembelajaran langsung pada lembaga pendidikan. Pada model pembelajaran langsung, siswa kurang dituntut untuk menguasai materi secara aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada penerapan strategi pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu kelas X TITL 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan strategi react dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dalam penelitian ini terdapat 3  tahapan yaitu tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyajian hasil penelitian. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan pada strategi pembelajaran REACT dinyatakan layak digunakan dengan hasil rating validasi buku siswa 82,08%, rencana pelaksanaan pembelajaran 83,08%,  dan soal pretest posttest 81,40%. Aktivitas siswa dikatakan aktif, karena jumlah penilaian baik dan sangat baik lebih dari pada jumlah penilaian kurang baik dan cukup. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh t hitung  hasil belajar ranah kognitif sebesar 6,091, dan t tabel 2,04.  T hitung hasil belajar ranah afektif 5,944, dan t tabel  2,04, t hitung hasil belajar ranah psikomotor sebesar 12,22 dan t tabel 2,04.dan taraf signifikan  α = 0,05. Dengan demikian  nilai thitung > tTabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar ranah kognitif, hasil belajar ranah afektif, dan hasil belajar ranah psikomotor pada kelas yang menggunakan strategi pembelajaran REACT melalui MPBM lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci: strategi pembelajaran react, penelitian eksperimen, perangkat pembelajaran,  hasil belajar.

Abstract

Background of this research is still the use of direct learning models in institute education. In the direct learning model, students are required to master the material is less active so that have an in with the result learn the student. At the applying strategi learning of relating, experiencing, applying, cooperating, and transferring, expected can improve the result learn the student and student can learn actively. This research is the true eksperimental design. Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) tahapan yaitu tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap ujicoba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. In this research, sample the use is two class that is class x titl 2 as experiment class and class x titl 1 as control class. In this research there are 3 step that is: phase preparation of research, phase execution of research, and phase presentation of research result.
Result of validasi indicate that peripheral of used study at strategy study of REACT expressed competent used with result of student book validasi rating 82,08%, plan execution of study 83,08%, and problem of pretest posttest 81,40%. Student activity told is active, because amount of assessment of goodness and very good more than amount of unfavourable assessment and enough. Pursuant to result of calculation of uji-t, obtained by t result learn cognate domain equal to 6,091, and t tables is 2,04. T result learn domain of afektif 5,944, and t tables is 2,04, t result learn domain of psikomotor equal to 12,22 and t tables is 2,04.dan level of signifikan = 0,05. Thereby assess thitung > tTabel, so that can be concluded that result learn student covering result learn cognate domain, result learn domain of afektif, and result learn domain of psikomotor in class using strategy study of REACT with MPBM higher than class using direct learning.

Keywords: Strategy REACT study, research experiments, learning    devices, learning outcomes.


Author Biographies

Anton Iful Riyanto, Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Supari Muslim ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
Riyanto, A., & ., S. (2014). PENERAPAN SRATEGI PEMBELAJARAN REACT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 323