Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Synergetic Teaching Pada Mata Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik Dalam Rangkaian Elektronika Kelas X Di SMK Sunan Drajat Lamongan

  • Abdul Aziz . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
  • Nur Kholis . Jurusan Teknik Elektro FT UNESA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran penggunaan alat ukur elektronika yang layak sebagai penunjang mata diklat mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika di SMK Sunan Drajat Lamongan, (2) Mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada saat proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi synergetic teaching pada mata diklat mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika di SMK Sunan Drajat Lamongan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Rancangan penelitian yang digunakan adalah One shot case stud. Sasaran penelitian ini adalah kelas X TEI (Teknik Elektronika Industri). Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan dengan validasi para ahli yaitu dosen dan guru. Untuk mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi synergetic teaching dilakukan dengan memberikan angket kepada siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran mencangkup silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), materi ajar. Validasi perangkat pembelajaran untuk silabus mendapatkan hasil rating 79,59%, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil rating 80,14%, materi ajar mendapatkan hasil rating 82,187%, (2) Presentase ketuntasan hasil belajar siswa mendapat 83,33%, dan (3) Hasil respon siswa sebesar 81,167% yang dapat diartikan proses pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi synergetic teaching mendapatkan respon yang baik dari siswa.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, model pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi synergetic teaching.

Abstract

The objective of this research is: (1) to create learning devicesof using the proper electronic measurement tools as supporting on measuring electricity magnitudes subjectin electrical series at SMK Sunan Drajat Lamongan, (2) to know the completeness of students outcomes in the learning process using the learning devices, and (3) to know the students’ response on active learning process using synergetic teaching strategy on measuring electricity magnitudes subjectin electrical series at SMK Sunan Drajat Lamongan.

This research uses R&D methodology and its developing. The study design used was One shot case stud. The target of this research is grade X TEI (Teknik Elektronika Industri). Hence, the process to know the worthiness of learning devices is done by validity given by expert lecturer and teacher. Then the way to find out the students’ response on active learning process using synergetic teaching strategy is by giving the questionaire to them.

The result of this research shows that: (1) learning devices includes syllabus, lesson plan, teaching material. The validity of syllabus gains79.59% in rate, lesson plan reaches 80.14% in rate, teaching material obtains 82.18%. (2) The percentage of student outcomes completeness gains 83,33%, and (3) the result on students’ response is 81.16% that means the active learning process using synergetic teaching strategy got good response from the students.

 

Key words: learning devices, active learning modelusing synergetic teaching strategy.

Author Biographies

Abdul Aziz ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Nur Kholis ., Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Jurusan Teknik Elektro FT UNESA
Published
2014-05-01
How to Cite
., A., & ., N. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Synergetic Teaching Pada Mata Diklat Mengukur Besaran-Besaran Listrik Dalam Rangkaian Elektronika Kelas X Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 46