PENERAPAN STRATEGI BELAJAR ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • IKHTIAR Sari SARI TILAWA Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar ARIAS dan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran sekolah setempat; (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi belajar ARIAS dan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran setempat.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian “Nonequivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 3 Surabaya. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random. Kelas XI TAV 3 sebagai kelas eksperimen dan XI TAV 2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dilihat dari perhitungan didapatkan thitung = 2,048 dan diperoleh nilai sig = 0,297, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok memiliki varians yang sama (homogen). Selanjutnya melihat tingkat signifikasinya sebesar 5% dengan membandingkan ttest dan ttabel. Diketahui thitung sebesar 2,048 dan nilai ttabel(0)=t(1-0,05)=t(0,95) dengan derajat kebebasan (dk)=n1+n2-2=58. Nilai ttabel adalah 1,67. Maka nilai thitung>nilai ttabel. Dari data diperoleh mean kelas XI TAV3 (eksperimen) sebesar 91,26, sedangkan XI TAV2 (kontrol) sebesar 88,73. Terbukti hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar ARIAS lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran sekolah setempat; (2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi belajar ARIAS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran sekolah setempat dengan rata-rata hasil angket motivasi belajar sebesar 81,26% dinyatakan interprestasi motivasi belajar siswa tinggi untuk kelas eksperimen dan 68,62% dinyatakan interprestasi motivasi belajar siswa cukup tinggi untuk kelas kontrol.

ABSTRACT

This research is intended for: (1) discerning the differences in student learning outcomes using learning strategies ARIAS with students who use the local school learning model, (2) Knowing the difference that students 'motivation to use learning strategies ARIAS with students' motivation to use the model local learning.

The method used was quasi experiment with research design used is "Nonequivalen Control Design". The population in this study were all students of SMK Negeri 3 Surabaya. Sample taken 2 classes with the sampling technique used is simple random. Class TAV 3 as a experiment classes and XI TAV 2 as the control classes. While to know the differences in the results of their study used data analysis techniques t-test.

The results showed that: (1) Judging from the calculation t = 2.048 and obtained sig = 0.297, it can be concluded that both groups have the same variance (homogeneous). Furthermore, look at the 5% significance level by comparing the t-test and t-table. Given t-test equal to 2.048 and table value of t (0) = t (1-.05) = t (0.95) with degrees of freedom (df) = n1 + n2-2 = 58. T-table value is 1.67. The value t-test > t-table value. From the data obtained a mean grade XI TAV3 (experiment) is equal to 91.26, while the XI TAV2 (control) is equal to 88.73. Proved that the learning outcomes of students who use learning strategies ARIAS higher than the results of student learning using learning model local school, (2) Achievement motivation of students who use learning strategies ARIAS higher than the local school learning model with the average poll result motivation for 81.26% stated interpretation of high student motivation for class experiments and 68.62% stated interpretation students' motivation high enough to control the class.

Kata kunci           : strategi belajar ARIAS, model pembelajaran sekolah setempat, Hasil belajar siswa, Motivasi belajar siswa.

Author Biography

IKHTIAR Sari SARI TILAWA, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
SARI TILAWA, I. (2013). PENERAPAN STRATEGI BELAJAR ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT DAN SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA STANDART KOMPETENSI MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 36