PENGARUH METODE PEMBELAJARAN (SAVI DAN DISCOVERY) DAN GAYA BELAJAR (AUDIOTORY LEARNING DAN VISUAL LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR

  • AKH Mujibur MUJIBUR ROKHMAN Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah ada perbedaan hasil belajar jika ditinjau dari metode pembelajaran SAVI dan discovery pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah kelas XI TITL di SMK Negeri 2 Surabaya, dan untuk mengungkap apakah ada perbedaan hasil belajar jika ditinjau dari gaya belajar audiotory learning dan visual learning pada mata pelajaran pengendali daya tegangan rendah. Di samping itu penelitian bertujuan untuk mengungkap apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.

Penelitiaan dilakukan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes baik ranah kognitif maupun ranah psikomotor. Data dianalisis menggunakan anava dua jalur.

Untuk hasil belajar ranah kognitif: (1) ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran SAVI dengan metode pembelajaran discovery (F= 4,477 signifikansi= 0,039); (2) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara gaya belajar audiotory learning dan visual learning (F= 4,797 signifikansi= 0,032); (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa (F= 0,006 signifikansi= 0,941).

Untuk hasil belajar ranah psikomotor: (1) ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran SAVI dengan metode pembelajaran discovery (F= 5,464 signifikansi= 0,023); (2) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara gaya belajar audiotory learning dan visual learning (F= 7,869 signifikansi= 0,007); (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa (F= 0,055 signifikansi= 0,816).

 

Kata Kunci: hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor,  eksperimen faktorial, gaya belajar auditory dan visual.

 

 

 

ABSTRACT

This adjectives of this research are to determine whether there are differences students achivment if looked from SAVI and discovery learning methods on the subjects of low voltage power controller class XI of TITL at 2nd state vocasional high school of surabaya, and whether there are differences students achivment from learning style of audiotory learning and visual learning on the subjects of low voltage power controlier. Beside that, this adjectives of this research to reveal whether there are interaction between learning methods and learning style to the students achivment.

This research metods use factorial 2x2 desigen. To get the data which needed in the research, it is used cognitive domain and  psychomotor domain test. The technic of analysize data use Anova.

Cognitive students achivment: (1) there were significant differences between SAVI learning methods with discovery learning metods (F= 4,477 significantion= 0,0039); (2) there were significant differences students achivment between auditory learning and visual learnning style (F= 4,797 significantion= 0,032); (3) there were no interaction between learning methods and learning style to the study result of the students.

Psychomotor students achivment: (1) there were significant differences between SAVI learning methods with discovery learning methods (F= 5,464 significantion= 0,023); (2) there were significant differences students achivment between auditory learning and visual learnning style (F= 7,869 significantion= 0,007); (3) there were not an interaction between learning methods and learning style to the study result of the students.

 

Keywords: cognitive and psychomotor learning outcomes, experiment factorial, audiotory and visual learning.

Author Biography

AKH Mujibur MUJIBUR ROKHMAN, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2013-01-01
How to Cite
MUJIBUR ROKHMAN, A. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN (SAVI DAN DISCOVERY) DAN GAYA BELAJAR (AUDIOTORY LEARNING DAN VISUAL LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 51