PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV PADA STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • . SETYAWATI Jurusan Teknik Elektro

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran , perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran aktif GQGA dan metode jigsaw pada standar kompetensi membuat rekaman audio di studio dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran metode pembelajaran aktif GQGA dan metode jigsaw.

Dari hasil penelitian ini memberikan hasil yaitu instrumen penelitian pembelajaran aktif GQGA dan metode jigsaw mendapatkan hasil rating rata-rata 85,41%. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 (XI TAV 2) dengan nilai rata-rata sebesar 82,6667 dan kelas eksperimen 2 (XI TAV 1) dengan nilai rata-rata sebesar 77,1333. Dan perhitungan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,08 > ttabel = 2,00. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen 1 yang menggunakan pembelajaran GQGA mempunyai nilai hasil belajar yang lebih baik daripada kelas eksperimen 2 yang menggunakan pembelajaran metode Jigsaw. Dari hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran GQGA mendapatkan hasil rating 86,73% yang dapat dikategorikan sangat baik, sedangkan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran metode jigsaw mendapatkan hasil rating 80,63% yang dapat dikategorikan baik. Hal ini membuktikan bahwa siswa memiliki keterkaitan terhadap penerapan metode pembelajaran aktif GQGA.

Kata kunci :    Metode pembelajaran aktif GQGA dengan metode Jigsaw , hasil belajar dan respon siswa.

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the feasibility of the study, the difference in student learning outcomes using active learning methods GQGA and methods jigsaw the standard of competence to make an audio recording in the studio and to know the response of students towards active learning GQGA and jigsaw method.

From the results of this study provide the results of the research instruments and methods of active learning GQGA and jigsaw to get the average rating of 85.41%. There are differences in student learning outcomes experiment class 1 (XI TAV 2) with a mean value of 82,6667 and a class experiment 2 (XI TAV 1) with an average value of 77,1333. And calculations derived using t-test t = 4,08> t table = 2.00. Based on the above results it can be concluded that the experiment class 1 which uses learning GQGA have value better learning outcomes than the experimental class 2, which uses learning methods Jigsaw. From the results of the questionnaire responses of students towards learning GQGA rating 86.73% get results that can be considered very good, while the results of the questionnaire responses of students towards learning jigsaw method to get the 80.63% rating which can be categorized as either. It proves that the student has a connection to the application of active learning methods GQGA.


Keywords: Active learning methods GQGA and Jigsaw methods, learning outcomes and student response.

Author Biography

. SETYAWATI, Jurusan Teknik Elektro
Jurusan Teknik Elektro
Published
2013-01-01
How to Cite
SETYAWATI,. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TAV PADA STANDAR KOMPETENSI MEMBUAT REKAMAN AUDIO DI STUDIO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). https://doi.org/10.26740/jpte.v2n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 119