REPRESENTASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN

  • . . Wiryanto Jurusan Teknik Elektro FT Unesa

Abstract

Abstrak

Pencantuman representasi sebagai komponen standar proses dalam Principles and Standarts for School Mathematics selain kemampuan pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, dan koneksi cukup beralasan karena untuk berpikir matematis dan mengkomunikasikan ide-ide matematis seseorang perlu merepresentasikannya dalam berbagai bentuk representasi matematis. Selain itu tidak dapat dipungkiri bahwa objek dalam matematika itu semuanya abstrak sehingga untuk mempelajari dan memahami ide-ide abstrak itu tentunya memerlukan representasi.Representasi terjadi melalui dua tahapan, yaitu representasi internal dan representasi eksternal. Wujud representasi eksternal antara lain: verbal, gambar dan benda konkrit. Berpikir tentang ide matematika yang memungkinkan pikiran seseorang bekerja atas dasar ide tersebut merupakan representasi internal. Pada penelitian ini, representasi yang digunakan adalah representasi Bruner yang meliputi enaktif  (enactive), ikonik (iconic) dan simbolik (symbolic), dimana setiap tahapan akan disajikan model representasi pecahan dengan konsep bagian keseluruhan (part-two-whole concept) . Penelitian ini termasuk jenis  penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif, dan berdasar pada wawancara berbasis tugas. Penelitian ini untuk mengungkap hakekat dari gejala yang muncul  dari subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memahami konsep pecahan (melalui representasi internal siswa) dengan baik pada setiap level teori Bruner dan siswa mampu memahami konsep pecahan pada peralihan (transisi) dari represaentasi konkrit ke ikonik, dan dari ikonik ke bentuk representasi yang lebih abstrak (representasi simbolik).

 

Kata Kunci: Representasi, teori Bruner (enaktif, ikonik, simbolik), konsep pecahan.

Abstract

The representation as a standard component process of Principles and Standarts for School Mathematics in addition to the ability of problem solving, reasoning, communication, and connection is quite reasonable because of  thinking mathematically and communicate mathematical ideas need someone representing them in the various forms of mathematical representations. In addition it can not be denied that all of  the objects in abstract mathematics to learn and understand abstract ideas that would require representation. The Representation occurs through two stages, There are  the internal representation and external representation. Form of external representation include: verbal, pictures and concrete objects. The Thinking about the idea of ​​mathematics that allows someone mind to work on the basis of  the idea an internal representation. In this study, the representation used was the covering representation of  Bruner that is enactive, iconic and symbolic, where each stage models will be presented with the concept of the fractional representation of the whole (part-two-whole concept). In This research includes that exploratory study with a qualitative approach, and based on the task-based interview. This research was reveal the nature of the symptoms that arise from research subjects. The results of showed that the students have understand to the concept of fractions (through an internal representation of students) it will be well at every level of the theory of Bruner and the students are able to understand about the concept of the fractions in transition concrete to the iconic represaentasion, and the iconic form more symbolic representation.

 

Keywords: Representation, Bruner's theory (enaktif, iconic, symbolic), the concept of fractions.

Author Biography

. . Wiryanto, Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Jurusan Teknik Elektro FT Unesa
Published
2014-09-01
How to Cite
Wiryanto, . (2014). REPRESENTASI SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). https://doi.org/10.26740/jpte.v3n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 319