PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN GAMBARTEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

  • NASRUDIN

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran kelompok, yang mewakili heteroginitas kelas. Fungsi dari sebuah kelompok untuk menyiapkan anggotanya agar berhasil menghadapi kuis. Selama ini pembelajaran yang ada di SMKN 7 Surabaya menggunakan metode ceramah, sehingga masih banyak peserta didik yang tidak memperhatikan dan mengakibatkan hasil belajar peserta didik yang rendah. Terbukti pada mata pelajaran hasil belajar peserta didik tengah semester pada tahun ajaran 2012/2013 kelulusan klasikal 62,5% dengan nilai rata-rata 80.

Peserta didik yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas X TPm-1 SMKN 7 Surabaya angkatan 2014 pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus setiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.

Setelah melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh hasil pengamatan aktivitas siswa saling membantu antar teman satu kelompok, saling berbagi ilmu antar teman satu kelompok dan aktif dalam berdiskusi, sehingga aktivitas siswa selama proses pembelajaran mulai dari siklus I dengan hasil rata-rata 70,83 kemudian pada siklus II mendapatkan rata-rata 85,00 sehingga  mengalami peningkatan yaitu sebesar 14,17%. Hasil belajar siswa meningkat karena aktivitas siswa terjadi peningkatan pada hasil belajar mulai dari siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 69,20 kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa 83, jika diprosentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 33% dan seluruh siswa dinyatakan tuntas karena telah mencapai nilai KKM dengan kelulusan klasikal 84%. Hasil respon yang sangat baik dari siswa yaitu 90,68 % dan dapat membuktikan bahwa siswa lebih tertarik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar, Respon Siswa. 

 

Published
2015-01-11
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 19