PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING(CTL) UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSIMENGGAMBAR DASAR PADA SISWA KELAS X TPMSMK NEGERI 3 SURABAYA

  • A CHABIB ALFIANSYAH

Abstract

ABSTRAK

Dalam upaya meningkatkan kualitas belajar siswa.Diperlukan model pembelajaran yang diharapkanakan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini model pembelajaran yang dimaksud adalah modelpembelajaran Contextual Teaching Learnig (CTL) pada kompetensi Menggambar Dasar.Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian expose fakto yang didukung dengan datakuantitatif. Dikatakan expose fakto karena dalam penelitian ini, peneliti ingin menggambarkan dan menjelaskankenyataan yang ada di lapangan selama proses pembelajaran. Sedangkan dikatakan kuantitatif karena sebagiandata penelitian berupa angka. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 3 Surabaya.Sumber data diperoleh dari wawancara dengan Kepala program setu diteknik pemesianan.Penelitian ini untukmengetahui aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Instrumenpenelitian ini berupa lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa terhadap proses pembelajaran, sertates hasil belajar (pretest dan posttest).Hasil penelitian ini menunjukkan respon belajar siswa dengan persentase sebesar 83,88%, aktivitasbelajar siswa sebesar 81%. Dalam hal ini siswa kelas X TPM memiliki aktivitas dan respon belajar yang“Tinggi” dalam pembelajaran kompetensi dengan menerapkan model pembelajaran Contextual TeachingLearnig (CTL). Sedangkan hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Contextual TeachingLearnig (CTL) ketuntasan klasikal kelas X TPM hanya mencapai 72% sedangkan setelah penerapan ContextualTeaching Learnig (CTL) menjadi 81%. Besarnya Uji T, untuk Thitung hasil uji beda antara nilai pretest danposttest pada kompetensi menggambar dasar yaitu 1,521 dan lebih besar dari Ttabel yaitu 1,31. Hal inimenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learnig (CTL) cukup berpengaruhuntuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.

Kata kunci: CTL, expose faktoA

Published
2015-01-15
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 50