PENGEMBANGAN MULTIMEDIA (PROJECTED STILL MEDIA DAN PROJECTED MOTION MEDIA) PADA KOMPETENSI PROSES DASAR PERLAKUAN LOGAM DI SMKN 1 BENDO-MAGETAN.

  • MUHAMMAD Edwin EDWIN SETIAWAN S1 Pend Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci, pengembagan multimedia, pengujian logam dan model pengembangan 4D

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran khususnya multimedia berbasis
kombinasi antara media slide PowerPoint (projected still media) dan media video (projected motion
media) untuk menunjang proses belajar mengajar pada subkompetensi mendeskripsikan proses
pengujian logam di SMKN 1 Bendo-Magetan. Sampel penelitian ini adalah kelas X teknik las 2
semester genap tahun pelajaran 2011-2012 di SMKN 1 Bendo-Magetan yang berjumlah 36 orang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan) dengan dua tahapan yaitu, (1) tahap pengembangan
media dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan,
S.Semmel, P.P., dan Semmel, M.I., (2) tahap implementasi media pembelajaran dengan menggunakan
Design One Group Pretest-Posttest yang dikemukakan oleh tuckman (1978). Tahap pertama yaitu tahap
pengembangan media terdiri dari (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Teknik
pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode angket, metode test. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pengelolaan kelas, lembar aktivitas siswa, lembar
angket respon siswa, lembar test belajar. Hasil pengembangan multimedia projected still media dan
media projected motion media yang menunjukkan angka 4 yang artinya valid. APKG 1 menunjukkan
angka 68,5 yang artinya mencapai 85,62% (sangat baik). APKG 2 menunjukkan angka 84,5 yang
artinya mencapai 84-50% (sangat baik). Aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran pada RPP 1
sebanyak 176 sedangkan aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran pada RPP 2 sebanyak 377.
Peningkatan aktivitas siswa sebesar 201. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan
multimedia mencapai 90% (Sangat baik). Hasil belajar siswa yang dilakukan melalui Post test mencapai
94% (sangat baik). Kesimpulanya bahwa pengembangan multimedia (projected still media) dan
projected motion media terhadap subkompetensi mendeskripsikan proses pengujian logam di SMKN 1
Bendo-Magetan masuk dalam kategori baik.
Kata Kunci : pengembagan multimedia, pengujian logam dan model pengembangan 4D
ABSTRACT
This study aims to develop media-based learning, especially the combination of media multimedia
PowerPoint slides (still projected media) and video media (projected motion media) to support the
teaching and learning process in subkompetensi describe the process of testing the metal in SMKN 1
Bendo-Magetan. The sample was a class X 2 welding techniques semester of academic year 2011-2012
in SMKN 1 Bendo-Magetan totaling 36 people. This research is the development of research) in two
stages, namely, (1) the development stage media using 4D development model proposed by
Thiagarajan, S.Semmel, PP, and Semmel, MI, (2) the implementation stage of learning media by using
Design One Group Pretest-Posttest raised by tuckman (1978). The first stage is the development stage
media consisted of (1) Define, (2) Design, (3) Develop and (4) Disseminate. Data collection techniques
used include observation, questionnaire method, the method of test. The instrument used in this study
include sheet classroom management, student activity sheets, student response sheet questionnaires,
learning test sheet. The results of the development of multimedia and media projected media still
projected motion media that shows the number 4, which means valid. APKG 1 shows the mean number
of 68.5 reached 85.62% (excellent). APKG 2 shows the mean number reaches 84-50 84.5% (very
good). Activities that support student learning in the lesson plans as much as 1 176, while activities that
support student learning in RPP 2 as much as 377. Increased activity of 201 students. The results of
students' response to learning using multimedia reached 90% (Very good). Student learning outcomes
through Post test reached 94% (very good). Conclusion that the development of multimedia (still
projected media) and projected motion subkompetensi media to describe the process of testing the metal
in SMKN 1 Bendo-Magetan fit in either category
Keywords:stillprojectedmedia,testingofmetaland4Dmodeldevelopment

Published
2013-01-29
Section
Pendidikan Teknik Mesin
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 22