PENERAPAN BAHAN AJAR PADA KOMPETENSI DASAR MELAKSANAKAN PROSEDUR K3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKR DI SMK TAMANSISWA SURABAYA

  • REZZA OKIE YASTRIA

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian penerapan bahan ajar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melaksanakan prosedur K3 pada siswa kelas X TKR SMK Tamansiswa Surabaya dengan adanya pembelajaran yang menggunakan media berupa handout. Dalam upaya mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar. Handout digunakan sebagai panduan melaksanakan prosedur K3. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terdapat pada tujuan umum penelitian adalah untuk meneliti pengaruh dari penerapan bahan ajar handout untuk meningkatkan hasil belajar melaksanakan prosedur K3 ditinjau dari hasil belajar dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode pembelajaran langsung (MPL) dan metode pembelajaran kooperatif. Dari hasil penelitian penerapan bahan ajar handout pada kompetensi dasar melaksanakan prosedur K3 ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran menggunakan handout yaitu mencapai 86,66% dan menunjukan respon yang positif terhadap handout kompetensi dasar melaksanakan prosedur K3.

Kata Kunci : Handout, Melaksanakan Prosedur K3, Hasil Belajar

Published
2015-06-19
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 69