HUBUNGAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 PTM

  • RIZKA AGUSTIAN

Abstract

Ada satu permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu tentang hubungan minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa program studi S1 PTM. Banyak  lulusan kependidikan lebih memilih pekerjaan selain menjadi guru, sedangkan bila dibandingkan dengan hasil belajar pada mata kuliah kependidikan intensitasnya relative tinggi dari pada mata kuliah selain kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Mesin Produksi angkatan  2011 dan  2012 Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (FT UNESA) yang telah menerima mata kuliah kependidikan. Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian  kausal  komparatif yang dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (FT UNESA) pada mahasiswa pendidikan teknik mesin produksi angkatan  2011 dan 2012 yang terdiri dari 60 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi untuk melengkapi hasil angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Statistic Program of Social Science (SPSS) for Windows. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kependidikan. Hasil analisis korelasi sederhana (r) terdapat korelasi antara minat mahasiswa menjadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa adalah 0,892, hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan antara minat mahasiswa mejadi guru dengan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah kependidikan karena hasil r hitung jika dikonsultasikan dengan r table hasilnya lebih besar.

Kata Kunci : Minat menjadi guru, Prestasi Belajar

Published
2015-07-27
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 250