PENGEMBANGAN MODUL TRANSMISI OTOMATIS MOBIL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA DIKLAT SISTEM TRANSMISI PADA SISWA SMK KELAS XI JURUSAN TKR DI SMKN 1 BAURENO

  • RAISUL KHALISH

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya hambatan terhadap kegiatan mengajar mata diklat sistem transmisi pada mata pelajaran sistem transmisi otomatis karena (1) kurangnya pengetahuan siswa tentang transmisi otomatis mobil, (2) belum adanya buku pegangan untuk siswa belajar mandiri mengenai transmisi otomatis mobil, (3) belum adanya bahan ajar dalam bentuk modul yang sistematis pada mata pelajaran sistem transmisi otomatis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan  modul sistem transmisi mobil yang layak guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada mata diklat sistem transmisi siswa kelas XI jurusan TKR di SMKN 1 Baureno, dan mengetahui respon siswa kelas XI jurusan TKR di SMKN 1 Baureno dengan dikembangkannya modul transmisi otomatis mobil.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul yang mengacu pada model pengembangan R & D oleh Sugiono. Sasaran dalam penelitian ini adalah menghasilkan modul transmisi otomatis mobil yang layak dan yang yang bertindak sebagai responden adalah 1) 3 dosen ahli, 2) 3 guru mata pelajaran transmisi, dan 3) 15 siswa kelas XI TKR 1 di SMKN 1 Baureno. Instrument penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian guru dan angket respon siswa.

Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil modul yang dikembangkan memiliki struktur kelayakan yang terdiri dari bagian pembuka, isi modul, dan bagian penutup. Berdasarkan validasi dosen ahli modul dikatakan layak dengan nilai rata-rata 79%, dengan hasil validasi dosen ahli materi 80,35% dengan kategori layak, hasil validasi ahli bahasa 79,16%  dengan kategori layak, dan hasil validasi ahli desain 80,55% dengan kategori layak. Untuk penilaian kelayakan oleh guru modul dikategorikan sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 84,51%, dan dari hasil uji coba modul dengan angket respon siswa modul dikatakan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 93,97%. 

Published
2015-07-30
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 55