PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • LANTIK ANJAR GINANJAR

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membuat inovasi-inovasi baru model pembelajaran. Inovasi model pembelajaran tersebut guna meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Salah satunya melalui pembelajaran dengan model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut di SMK Negeri 3 Surabaya, (2) Untuk mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran teknik pemesinan bubut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPm 2 Program Keahlian Teknik Pemesinan semester genap tahun pelajaran 2014/2015 di SMKN 3 Surabaya. Data penelitian diambil menggunakan lembar angket respon siswa, lembar pengamatan aktivitas, lembar hasil belajar siswa dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus 1 didapat 89 %, dan siklus 2 didapat 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa pada proses pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil belajar siswa didapat rerata pada siklus 1 = 70, dan siklus 2 = 79,78. Dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus 1 sampe siklus 2.

 Kata kunci : model pembelajaran, problem based learning, hasil belajar siswa, dan aktivitas siswa

Published
2015-08-03
Abstract Views: 431
PDF Downloads: 210