PENGEMBANGAN MODUL SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI YAMAHA VIXIONUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM BAHAN BAKARDI SMK AL FUDLOLA PORONG

  • AGUNG SUBEKTI

Abstract

Abstrak
Meningkatkan kualitas belajar dapat dilakukan dengan mengoptimalkan proses pembelajaran, karena
untuk mencapai kualitas belajar pengajar harus memiliki strategi yang tepat. Penyampaian materi belajar
yang diberikan kepada siswa sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan modul sistem bahan bakar injeksi Yamaha Vixion yang layak digunakan pada
pembelajaran sistem bahan bakar injeksi untuk SMK jurusan Teknik sepeda motor kelas XI.
Metode penelitian mengadopsi model pengembangan Four D Model terdiri atas empat tahap, yaitu;
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate).
Setiap tahap diadakan evaluasi untuk mengetahui proses penelitian. Penelitian pengembangan modul
divalidasi oleh validator ahli pada masing-masing aspek yang dimaksudkan untuk mendapatkan modul
dengan kriteria penilaian layak. Penyebaran uji coba terbatas dimaksudkan untuk mengetahui tingkat
respon siswa kelas XI TSM di SMK Al Fudlola.
Penilaian modul sistem bahan bakar injeksi Yamaha Vixion oleh ahli desain sebesar 70,31%, ahli isi
70,83% dan ahli bahasa 85,71%, serta oleh guru SMK sebesar 75%. Menurut Skala Likert kreteria modul
yang dihasilkan adalah layak dan dapat digunakan sebagai media belajar memelihara sistem bahan bakar
injeksi. Efektifitas modul terlihat dari uji coba terbatas terhadap 15 siswa kelas XI TSM yang
memperoleh nilai klasikal rata-rata sebesar 84,54%. Penilaian aktivitas siswa saat uji coba terbatas
memperoleh hasil penilaian sebesar 86,9%, sedangkan aktivitas guru saat penilaian sebesar 77,37%
dengan kriteria aktif. Berdasarkan perolehan data tersebut disimpulkan kualitas belajar siswa pada mata
pelajaran memelihara sistem bahan bakar injeksi di kelas XI TSM Al Fudlola tahun pelajaran 2015/2016
meningkat.
Kata Kunci: Modul, Sistem Bahan Bakar, Pembelajaran

Published
2015-12-24
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 90