PENGEMBANGAN MODUL HANDHELD METER KES- 200 PADA MATA PELAJARANALAT UKUR DI SMK KAL 1 SURABAYA

  • DIAN WAHYUNI

Abstract

Modul memiliki peranan penting dalam proses belajar. Karena dalam proses belajar akan ditemui banyak kesulitan. Dengan adanya modul pembelajaran, maka kesulitan-kesulitan tersebut akan terpecahkan dengan bentuk yang sederhana dan bahasa yang mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh validitas modul, respon guru dan respon siswa terhadap modul pembelajaran Handheld Meter KES-200 pada mata pelajaran alat ukur.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK KAL 1 Surabaya kelas 3B Program pendidikan Teknik Kendaraan Ringan, sebanyak 20 orang siswa. Dalam penelitian ini, terdapat tiga kisi-kisi format validasi modul dan dua angket respon untuk guru serta siswa. Prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan Four D Models.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas modul sebesar 4,33 yakni kategori valid. Hasil angket respon guru sebesar 78,75% dikategorikan baik. Hasil respon angket siswa menunjukkan angka sebesar 85% dikategorikan sangat baik.menunjukkan bahwa modul dapat digunakan siswa. Hasil uji coba terbatas juga menunjukkan bahwa modul dapat secara langsung digunakan tanpa bimbingan. Dapat disimpulkan modul Handheld Meter KES-200 layak digunakan pada pelajaran alat ukur di SMK KAL 1 Surabaya.
Kata Kunci : Modul pembelajaran, Alat ukur, Handheld Meter KES-200.

Published
2016-01-14
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 54