PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK

  • galih wibisono

Abstract

Model pembelajaran langsung merupakan suatu model pengajaran yang bersifat teacher center. Model ini ditujukan pula untuk membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Ciri khas pembelajaran langsung yakni, adanya tujuan pembelajaran, sintaks dan alur kegiatan pembelajaran, serta sistem pengelolaan lingkungan belajar. Penelitian ini diawali dari temuan masalah yaitu rendahnya kompetensi menggambar teknik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran langsung terbimbing yang bisa mengukur, memonitor dan menilai semua domain hasil belajar serta mampu meminimalisir perilaku menyimpang pelajar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan di kelas XI Las 2 SMKN 1 Bendo, Magetan tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, tes pengetahuan, tes keterampilan yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian. Dari analisis data disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran langsung terbimbing terjadi perubahan aktivitas siswa dari pertemuan I sampai pertemuan III, dalam arti aktivitas siswa meningkat dari aktivitas yang tidak mendukung ke aktivitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Sedangkan ketuntasan klasikal kemampuan kognitif siswa pada pertemuan I sebesar 61,11% meningkat pada pertemuan II sebesar 88,88%; dan meningkat pada pertemuan III sebesar 100%. Kemudian hasil kemampuan siswa menggambar proyeksi pada pertemuan I sebesar 63,88%; meningkat pada pertemuan II sebesar 83,33% dan meningkat pada pertemuan III sebesar 100%.

Kata kunci :pembelajaran langsung terbimbing, penelitian deskriptif, aktivitas siswa, kemampuan kognitif siswa, kemampuan siswa menggambar proyeksi.

Published
2016-01-26
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 212