PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN KELAS XI TPM DI SMK NEGERI 2 PAMEKASAN

  • SYAMSUL ARIFIN

Abstract

Abstrak

Perbaikan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui tiga komponen utama yakni siswa, kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran. Semakin banyak sumber belajar maka siswa tidak berharap banyak dari guru. Permasalahan yang dihadapi guru bagaimana cara agar siswa dapat meningkatkan minat, respon dan hasil belajarnya khususnya pada mata pelajaran Teknik Permesinan kelas XI TPM di SMK Negeri 2 Pamekasan, dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran peneliti menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team dengan harapan penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran aktif. Obyek dalam penelitian ini yaitu kelas XI TPM 1 dikarenakan pada kelas ini terdapat siswa yang tinggal kelas jadi proses pembelajaran harus optimal sehingga minat, respon dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar angket minat, lembar angket respon dan lembar tes hasil siswa sedangkan skala ukuran penelitian menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team dapat meningkatkan pestasi belajar siswa. Sebelum penerapan pembelajaran berdasarkan masalah rerata hasil belajar siswa hanya mencapai 65,95 sedangkan setelah penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team menjadi 82,71. Respon belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 95% dan untuk minat belajar siswa sebesar 93%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI TPM memiliki respon dan minat belajar yang “Sangat Kuat” dalam pembelajaran mata pelajaran Teknik Permesinan dengan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team. Besarnya thitung hasil uji beda antara nilai preetest dan posttest pada pokok bahasan yaitu 8,28 dan lebih besar dari ttabel yaitu 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team berpengaruh untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Belajar aktif tipe Quiz Team dan hasil belajar. 

Published
2016-06-21
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 15