PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STAD BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN SASIS PADA SISWA KELAS XI TKR-1 DI SMKN 1 SIDOARJO

  • muayat khoirun nafis

Abstract

Penelitian Tindakan ini diawali karena ditemukannya masalah penyimpangan perilaku berkarakter dan hasil belajar di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan suatu model pembelajaran yang bisa menilai dan memonitor semua hasil belajar serta dapat meminimalkan perilaku menyimpang peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas XI TKR 1 di SMK Negeri 1 Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta diddik 36 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes individu, observasi dan angket yang diaplikasikan dalam bentuk instrumen penelitian. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis karakter dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan ketuntasan klasikal dari 66,67% pada siklus I menjadi 80,56% pada siklus II.

Kata kunci: model  pembelajaran kooperatif STAD, karakter, hasil belajar

Published
2016-07-19
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 49