PENGEMBANGAN MODUL RADIATOR TRAINER SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH PERPINDAHAN PANAS MAHASISWA D-III TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Sudirman Rizki Ariyanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya perangkat pembelajaran berupa modul dan kompetensi praktikum dalam silabus mata kuliah perpindahan panas yang secara khusus digunakan untuk mempelajari perpindahan panas konveksi paksa pada unit Radiator Trainer. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional dimana dalam penerapannya metode tersebut dianggap kurang mampu untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran berupa modul yang didesain secara inovatif sebagai penunjang mata kuliah perpindahan panas khususnya untuk kompetensi perpindahan panas konveksi paksa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa D-III Teknik Mesin yang telah memprogram mata kuliah Perpindahan Panas pada semester genap 2015-2016. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran modul ini adalah 4-D Model. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi modul dan angket respon mahasiswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah “Modul Perpindahan Panas Konveksi Radiator Trainer” mendapatkan hasil validitas dari dosen ahli sebesar 4,45 dengan kategori valid. Sedangkan respon mahasiswa sebesar 88% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Modul Perpindahan Panas Konveksi Radiator Trainer, perpindahan panas, validasi modul, dan angket respon mahasiswa.

Published
2016-07-19
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 32